blank
SALAMI TARUNA: Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menyalami salah satu taruna, usai secara simbolis menyematkan brevet latihan Hulubalang, bagi perwakilan taruna/taruni tingkat III yang telah mengakhiri latihan Hulubalang. Foto: yon

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 226 taruna/taruni tingkat III (sersan mayor dua taruna) Akademi Militer (Akmil) Magelang, berhak menyandang brevet latihan Hulubalang, setelah menyelesaikan latihan Hulubalang yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Senin-Jumat (20-24/1/2020) lalu.

”Latihan Hulubalang merupakan program latihan aplikasi taktik yang di dalamnya terdapat materi patroli dan operasi lawan insurjensi. Operasi lawan insurjensi secara teknis untuk menumpas kelompok separatis bersenjata yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan yang sah,” kata Gubernur Akmil, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, pada upacara penutupan dan penyematan brevet latihan Hulubalang, di Lapangan Pancasila, Kompleks Akmil Magelang, Senin (27/1).

BACA JUGA : Korban Tenggelam di Kalibener Kalibagor Belum Ditemukan

Dudung menambahkan, tujuan dari kegiatan latihan Hulubalang ini, agar para taruna/taruni tingkat III bisa memahami dan mampu mengaplikasikan teknik dan taktik peleton senapan, dalam operasi lawan insurjensi. Selain itu juga melaksanakan komando dan pengendalian operasi satuan setingkat peleton.

Menurutnya, latihan ini dilaksanakan dalam kurun waktu terbatas, dengan materi yang padat. Tentunya masih sangat jauh untuk diasumsikan pada medan penugasan yang sebenarnya.
”Namun target dan sasaran latihan yang sudah ditentukan sebelumnya, tetap harus menjadi prioritas pencapaian hasil latihan,” katanya lagi.

Tingkatkan Kualitas
Ada pun materi yang diberikan kepada para taruna/taruni ini, patroli keamanan, operasi lawan insurjensi, lawan pengadangan jalan kaki, lawan pengadangan kendaraan, pengamanan rute perjalanan utama, pengepungan kampung dan daerah perumahan, pengepungan dan pembersihan di dalam perkampungan dan pertahanan basis operasi depan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Akmil meminta kepada para taruna/taruni yang telah menyandang brevet latihan Hulubalang, senantiasa memacu semangat dan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri di bidang olah keprajuritan dan kepemimpinan lapangan, serta ilmu pengetahuan.

”Saya meminta kalian yang telah menyandang brevet latihan Hulubalang, untuk tetap meningkatkan kualitas diri di bidang olah keprajuritan dan kepemimpinan lapangan, serta ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Yon/Riyan