blank

BLORA, (SUARABARU.ID) – Puluhan personil gabungan dari TNI, Polri dan Perhutani patroli bersama menyisir hutan di kawasan kecamatan Japah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu, (25/01) . Patroli dipimpin Kapolsek Japah AKP Yuliyanto.

Patroli diawali apel bersama di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Nglawungan, Kabupaten Blora.

Kapolsek Japah, Polres Blora, AKP Yuliyanto, mengatakan patroli hutan ini untuk antisipasi aksi pencurian kayu jati di hutan negara.

Selain itu, sekaligus menyambangi warga di sekitar hutan, untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tambahnya.

Adapun rute patroli, menyasar kawasan Pos Petak 58 Resor Polisi Huyam (RPH) Gendongan, BKPH Ngapus, Kesatusn Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, dan dilanjut  menyisir kawasan Pos Petak 105 RPH Sumberejo, BKPH Nglawungan, KPH Blora.

Dalam Hutan

Tidak hanya itu, tim gabungan selanjutnya menyisir Pos Petak 100 RPH Sumberejo dan Pos Petak 133 RPH Wotbakah, BKPH Nglawungan, KPH Blora.

Kapolsek Japah membeber, patroli gabungan sengaja menggunakan sepeda motor trail, agar patroli bisa maksimal dan bisa masuk kedalaman hutan. “Harapanya, tidak ada lagi warga yang nekat melakukan pencurian kayu hutan,” tandas Kapolsek AKP Yulianto.

Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper) Nglawungan Joko Sasmito, mengatakan patroli gabungan akan rutin dilakukan untuk menekan pencurian kayu negara,

“Patroli gabungan akan terus dilakukan, dan jika ditemukan pelaku pencurian kayu jati maupun pengrusakan hutan, akan ditindak tegas,” ucap Asper Nglawungan.

Wahono/mm