blank
FOTO BERSAMA : Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM berfoto bersama peserta dalam penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kelurahan Brumbungan, Semarang Tengah. Muha

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USM melakukan penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada ibu-ibu PKK Kelurahan Brumbungan, Semarang Tengah.
Kegiatan dibuka Lurah Brumbungan, FX Hanis Triyono. Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM terdiri atas Metta Christiana SPd MKes (ketua), Drs Ahmad Muhaimin MPd (anggota), Andy Nurcahyo SPd MPd (anggota).

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM, Metta Christiana SPd MKes mengatakan, materi yang diberikan dalam penyuluhan adalah menekankan pentingnya hidup sehat melalui menu makan yang sehat. Menu makan yang sehat itu antara lain dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Selain itu juga menjauhi kebiasaan merokok.

blank
SAMPAIKAN MATERI : Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM, Metta Christiana SPd MKes menyampaikan materi dalam penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kelurahan Brumbungan, Semarang Tengah pada 22 Januari lalu. Muha

”Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi,” kata Meta.

Menurutnya, mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, disertai dengan kacang-kacangan dan daging rendah lemak, merupakan salah satu pola diet yang sehat dan aman. Di samping itu, buah dan sayur juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting lain yang dibutuhkan tubuh, seperti antioksidan.

”Hal lain bisa merusak kesehatan adalah merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk yang berpotensi merusak organ tubuh, dan menimbulkan berbagai penyakit mematikan. Kenikmatan rokok ternyata tak sebanding dengan bahayanya bagi kesehatan. Efek dari gaya hidup seperti ini memang tidak langsung terjadi, namun seiring berjalannya waktu, berbagai zat yang terkandung di dalamnya akan merusak dan membahayakan tubuh,” ungkapnya.

Menurutnya, ada bahaya merokok bagi kesehatan yakni kanker, serangan jantung, diabetes, gangguan kehamilan dan janin serta disfungsi ereksi.
”Intinya, bahaya merokok sebaiknya disadari sejak dini sebelum terlambat. Jauhkan kebiasaan buruk seperti merokok, dari anak-anak dan remaja, karena sehat itu mahal harganya,” tandasnya.

Muha