Bagikan
Petugas Dinsos KOta Magelang membagi 100 nasi bungkus yang dimasak dan didanai mandiri oleh penyandang disabilitas, (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Penyandang disabilitas difasilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang mengadakan kegiatan ‘Jumat Bersaudara’ dengan membagikan 100 nasi bungkus kepada masyarakat. Nasi bungkus tersebut dimasak oleh penyandang disabilitas dengan dana mandiri.  Masyarakat antusias menerima nasi bungkus dari petugas di depan Kantor Dinsos Jalan Diponegoro No 11 Kota Magelang.

Kepala Dinsos Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih menerangkan, kegiatan ini untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya berbagi terhadap sesama, meski dengan hal-hal sederhana. Apalagi bagi penyandang disabilitas kegiatan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri. Karena niat tulus mereka mendapat apresiasi masyarakat.

‘’Kegiatan ini untuk membantu kaum disabilitas agar merasa punya tempat, punya saudara, ada yang peduli. Dengan demikian diharapkan tumbuh percaya diri, bangkit semangat termasuk keluarga dan masyarakat lebih peduli lagi terhadap disabilitas, membantu jaringan untuk bersama peduli disabilitas,’’ ungkapnya Jumat (24/1).

Apresiasi atau kepedulian masyarakat terhadap kaum disabilitas juga ditunjukkan umat Kristiani pada Perayaan Natal Bersama 2020 di GOR Samapta Magelang, Rabu (22/1). Umat menyerahkan donasi senilai Rp 11.508.800 kepada penyandang disabilitas yang secara simbolis diterima oleh Kepala Dinsos Kota Magelang.

‘’Kemudian secara tunai bantuan itu diserahkan langsung oleh Panitia Natal 2020 Pendeta Sujarwi di Kantor Dinsos. Donasi itu dibagikan kepada 23 penyandang disabilitas masing-masing Rp 500.000,’’ tutur Wulan.

Sebelumnya, pihaknya juga telah menyerahkan bantuan kursi roda kepada dua orang penyandang disabilitas. Yakni  untuk  Leonora warga RW 3 Potrobangsan dan Pragusta RT 4 RW 10 Kelurahan Rejowinangun Utara.

‘’Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian para penyandang disabilitas dalam berkarya, beraktivitas sehari-hari dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi,’’ harap Wulan.

Dwi Ambar Pratiknyo, Penyuluh Sosial Muda Dinsos Kota Magelang menambahkan, pemberian bantuan kursi roda ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Pihaknya senantiasa melaksanakan pendampingan dalam  membantu para penyandang disabilitas agar lebih berdaya, mandiri dan mampu melaksanakan fungsi sosial di masyarakat.

‘’Meskipun  mereka dalam segala keterbatasan, namun mereka tetap berhak mendapatkan pelayanan yang sama seperti masyarakat pada umumnya,’’ terangna. (pro)

Editor : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here