blank
Menteri Koperasi & UKM RI Teten Masduki bersama rombongan, didampingi direktur PT Terryham Proplas Indonesia cek ruang produksi.[FOTO;SB/Agung).

KENDAL(SUARABARU.ID)-Dalam rangka kunjungan kerja Ke Semarang, Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki, menyempatkan diri berkunjung ke PT Terryham Proplas Indonesia, produsen Kends UPVC, yang terletak di Jl. Arteri Kaliwungu Kendal, Jumat (24/01/20).

Tujuan dari kunjungan tersebut untuk melihat langsung pabrik Kends UPVC sebagai produk industri dalam negeri sekaligus sebagai alternatif produk bahan bangunan pengganti kayu yang semakin langka.

Dalam kesempatan ini, Teten Masduki, mengatakan, selain memiliki peluang yang cukup besar untuk berkembang di dalam negeri, Kends UPVC juga berpeluang melakukan ekspor karena sudah memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) hingga 76 persen. Pesaingnya pun belum banyak dari negara produsen upvc, yang terberat hanya Jerman dan China.
blank
“Terkait permaslahan UKM untuk ekspor, ada beberapa hal antara lain pengusaha UKM berkreasi kepada produk, bukan mempertahankan orginalitas, baik itu dalam rasa maupun warna. Padahal bayer lebih suka pada orginalitas. Selain itu juga keterbatasan pengusaha kecil dalam memahami dokumen yang harus dipersiapkan” kata Teten Masduki.

Kends UPVC sebagai produk industri cepat saji, memberi peluang yang besar untuk ikut andil mengatasi permasalahan perumahan di wilayah bencana. Artinya, rumah berbasis Kends UPVC bisa dijadikan bahan bangunan untuk pengadaan rumah secara cepat.

Apalagi di banyak daerah, proses pembangunan rumah bantuan pemerintah lama tidak selesai. Kadang satu selesai, yang satunya sudah rusak seperti yang terjadi di beberapa wilayah rawan gempa. Agung-mm