blank
Kali Mqnggis meluap masuk ke perkampungan di sebagian wilayah Kelurahan Kedungsari akibat hujan deras. (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Hujan deras yang turun  beberapa hari lalu menyebabkan Kali Manggis yang melewati sebagian wilayah Kelurahan Kedungsari , Kecamatan Magelang Utara, meluap dan masuk ke rumah penduduk.

Peristiwa itu mengakibatkan Heni (40) warga RW 5 Kedungsari selalu dihantui rasa khawatir jika turun hujan deras.

‘’Peristiwa Kali Manggis membludak  baru pertama kali terjadi. Setiap hujan turun deras saya khawatir sungai itu meluap lagi menggenangi jalan kampung, bahkan masuk ke rumah. Padahal tanggulnya sudah dibuat tinggi,’’ katanya yang dibenarkan warga sekitarnya.

Warga setempat mengaku heran, karena selama tinggal di kampung ini baru sekarang air Kali Manggis meluap. Luapannya sampai masuk ke dalam rumah setinggi mata kaki.

‘’Terus terang repot, karena harus menguras air. Padahal, saya harus masak untuk jualan,’’ tutur Kento, tetangga Heni yang menyebutkan air sampai masuk ke area dapur rumahnya.

Meski banjir cepat surut, lanjutnya, tidak seharusnya hal seperti itu terjadi. Dia menduga ada yang tidak beres di kali itu seperti tingginya endapan lumpur lumpur.

‘’Saya sudah lama tidak melihat irigasi ini dikeruk. Mungkin lumpurnya sudah tinggi, sehingga kali makin dangkal,’’ tuturnya kemarin.

Pemkot Magelang mencatat sedikitnya ada lima titik yang terdampak dan tersebar di sejumlah wilayah akibat hujan deras yang terjadi 15 Januari 2020.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menegaskan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak yang berwenang atas peristiwa yang terjadi di Kedungsari tersebut. Diduga

air Kali Manggis yang meluap  karena sedimen lumpur di sungai itu sudah menumpuk.

‘’Sedimennya harus dilihat, jangan sampai numpuk. Kalau numpuk tidak dibersihkan debit air akan naik. Harapan saya penanggungjawabnya punya kepekaan, sungai lewat di tengah permukiman tapi tidak dipelihara, penduduk sekitar jadi korban,’’ ungkapnya. (pro)

Editor : Doddy Ardjono