blank
Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH, menyerahkan penghargaan kepada salah satu dari empat Satpam berprestasi di wilayah kerjanya. (Foto : SB/Hms-Resbla)

BLORA (SUARABARU.ID) – Ada yang istimewa di hari ulang tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39 kali ini. Setelah Kapolres Blora, Jawa Tengah,  AKBP Antonius Anang, memberikan penghargaan empat satpam berprestasi.

Pegharagaan itu diberikan bersamaan prosesi peringatan HUT Satpam tingkat kabupaten penghasil kayu jati, Rabu, (22/01/2020), digelar halaman utama Polres setempat, dihadiri Wakapolres M. Samdani, dan pejabat utama (Pju) Polres.

Hadir juga, seluruh (16) Kapolsek, para kepal aunit (Kanit), kepala seksi (Kasi) Polres Blora dan pimpinan instansi pengguna jasa Satpam di wilayah Kabupaten Blora

Personel Satpam peraih penghargaan, Lin Kuationo, Susilo Budi Santoso, Hengky Suginarto, ketiganya adalah Satpam PT Pertamina yang berhasil menangkap pelaku tindak pidana pencurian di lingkungan kerjanya.

Satu lagi penbghargaan diberikan  kepada Kamijo, Satpam yang bertugas di Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 2 Blora, yakni dengan predikat pelayanan dan pengamanan terbaik.

Kapolres Blora mengatakan, penghargaan ini adalah salah satu wujud perhatian Polres kepada Satpam, karena Satpam adalah mitra Kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kebanggaan

Kepolisian, lanjut Anang, tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan dari Satpam. “Kami adalah mitra kerja, Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran aktif Satpam,” beber Kapolres Blora.

Kapolres menambahkan, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi, merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun di sisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai potensi gangguan dan kejahatan berdimensi baru yang berimplikasi terhadap kompleksitas tugas tanggung jawab institusi Polri.

“Menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif seluruh komponen masyarakat, khsusnya Satpam,” tambah AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH familier dipanggil Anang.

Diungkap Kapolres Anang, Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisianm, meski secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

Upacara peringatan HUT Satpam ke-39 itu, ditutup dengan peragaan menarik anggota Satpam, antara lain peragaan bela diri Polri dan peragaan pengaturan lalu lintas.

“Peringtan seperti ini kebanggaan kami sebagai Satpam, dimana Satpam akan selalu menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas di Blora,” kata Mahfud, Satpam Bank BRI Blora.

Wahono/mm