blank
Shin Tae-yong/dok

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Para pemain Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Selasa (21/1). Mereka berada di Thailand selama 12 hari. Selain menjalani program latihan, Timnas dijadwalkan melakoni uji coba dengan beberapa tim. Untuk kepelatihan, mereka yang berangkat ke Thailand adalah Manajer dan Pelatih Timnas Shin Tae-yong, Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Yoo Jae-hoon.

Ikut pula dalam rombongan, Indra Sjafri, Nova Arianto, dan Sahari Gultom. Skuad Garuda Muda ini dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan pembentukan tim ini masih belum final. Sebab, masih ada seleksi dengan sistem promosi dan degradasi. “Untuk hari pertama pemusatan latihan, kami memulainya pagi di gym dengan latihan ringan untuk pemulihan fisik pemain. Setelah itu pada sore hari, kami langsung menggelar latihan fisik. Nanti tanggal 22 Januari, sesuai yang sudah saya katakan sebelumnya, kita akan melakukan tes fisik dan medical check up,” ungkap Shin Tae-yong.

“Yang kami lakukan tidak hanya parameter dari kemampuan para pemain di lapangan atau pemahaman taktikal. Parameter lain pun kita lakukan. Masih ada promosi dan degradasi. Ini adalah program awal kita dalam membangun tim,” imbuhnya. Sementara itu dari sisi pemain, pemusatan latihan ini menjadi bahan pelajaran dan pengalaman mereka bisa melakukannya di luar Indonesia serta uji coba tanding dengan tim-tim kuat yang ada di Thailand dan Korea Selatan. (rr)