blank
Para siswa SMK Negeri 1 Bulukerto, Wonogiri, mengikuti kegiatan pembekalan Wasbang, yang diberikan oleh instruktur dari personel TNI dan Polri.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim gabungan mulai melakukan rekrutmen calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka mendatangi SMK Negeri 1 Puhpelem, Wonogiri, untuk melakukan seleksi awal pemilihan kepada para siswa. Bersamaan itu, para siswa SMK Negeri 1 Bulukerto, Wonogiri, menerima pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Tim gabungan seleksi calon Paskibra tingkat Kabupaten Wonogiri, terdiri atas Kabid Pemuda dan Olahraga, Joko Nugroho, Kasi Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Wonogiri, Untung Subagyo, dan Serma Widhi Anugrah dari Kodim 0728 Wonogiri. Mereka datang ke SMK Negeri 1 Puhpelem dengan didampingi anggota Koramil-24 Puhpelem Kopka Mulyawan. .

Rekrutmen awal calon personel Paskibra ini, dilakukan dengan cara memilih para siswa yang memiliki potensi postur tubuh ideal, dan mempunyai kelayakan serta mampu untuk menjadi anggota Paskibra Kabupaten Wonogiri Tahu 2020. Kelak, bagi yang lolos seleksi tingkat kabupaten, juga dipersiapkan pula untuk dikirim mengikuti seleksi ke tingkat Provinsi Jateng.

blank
Seleksi awal rekrutmen calon anggota Paskibra mulai dilakukan. Tim gabungan mendatangi ke SMK Negeri 1 Puhpelem untuk memilih siswa yang berpotensi menjadi kandidat Paskibra.
Sikap Disiplin
Dijelaskan oleh Serma Widhi Anugrah, seleksi calon Paskibra dilakukan untuk memilih para siswa dengan berbagai kriteria. Tidak saja dari segi postur tubuh yang ideal, tapi juga mempertimbangkan aspek kesehatan, karakter, pemilikan sikap disiplin, dan potensi kepribadiannya, serta kemampuan dasar memahami Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Tim memilih 12 siswa untuk kelak dikirim ke Wonogiri, guna mengikuti seleksi lanjutan tahap berikutnya.

Sementara itu, Anggota Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, Serma Budi dan Serma Suparno, tampil memberikan pembekalan tentang Wasbang terhadap 340 siswa-siswi SMKN 1 Bulukerto, Wonogiri. Ikut mendampingi dalam acara pemberian bekal Wasbang ini, anggota Polsek Bulukerto Aiptu Harsono, Aipda Fendi dan Bripka Maryoto. Hadir pula Kepala Sekolah (Kasek) setempat, Walujo, beserta Guru Pendamping Suyatno, Giyarno, dan Tyas Ningsih. Dalam kesempatan tersebut, kepada para murid juga diberikan pembimbingan dan pelatihan teknis PBB.

Tujuan diberikannya bekal Wasbang, untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar terhadap Tanah Air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa, dan menumbuhkan kerelaan berkorban bagi negara dan bangsanya. Kepada para murid dipahamkan bahwa masa depan bangsa ada di tangan generasi muda, yakni mereka yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. Karena itu, Wasbang perlu ditanamkan kepada para siswa.

Bambang Pur