blank
Temuan narkoba ganja yang diselundupkan lewat truk pengangkut durian oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (21/1/2020). (

JAKARTA (SUARABARU.ID), Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sepermpat ton ganja kering melalui truk yang mengangkut buah durian.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Polisi Audie S. Latuheru upaya penyelundupan ganja dengan menumpuk buah durian bertujuan agar bau ganja akan tersamarkan sehingga lolos dari pemeriksaan.

“Dengan bau durian menyengat, akan membuat anjing pelacak kesulitan melakukan penciuman,” kata Audie di Jakarta, Selasa.

Total ada sekira 254 kilogram ganja kering yang berhasil disita dari operasi yang dilakukan anggota SatNarkoba Polres Metro Jakarta Barat.

“Jadi mereka ini membawa mobil losbak terbuka, di atasnya durian di bawahnya itu ganja. Ini modus mereka mengecoh polisi kalau di razia,” kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Erick Frendiz.

Hasil penyidikan sementara pada tiga orang tersangka yakni SO (58), EA (44) dan SN, mereka sudah dua kali menyelundupkan narkotika jenis sabu ke Jakarta dengan modus yang sama.

“Dari pengakuan mereka itu untuk stok awal tahun,” ujar Erick.

ANTARA-Wahyu