Bagikan
Rumah Marsono Rimin, ludes terbakar beserta seluruh harta bendanya. Kebakaran berlangsung saat pemilik rumah dan anggota keluarganya pergi bertani ke sawah.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ditinggal pergi bertani ke sawah, rumah milik Marsono Rimin (73) ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya. Musibah kebakaran rumah di Dusun Soco RT 2/RW 3, Desa Soco, Kecamatan Slogohimo (50 Kilometer timur Kota Wonogiri) ini, terjadi Selasa pagi (21/1) pukul 08.00.

Baca juga: Pondok Gontor Ponorogo Terbakar 

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Slogohimo AKP Kukuh Wiyono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran rumah tersebut. Sebab rumah dalam keadaan kosong, karena Marsono Rimin beserta istri dan anaknya, pergi bertani ke sawah.

Para tetangga kesulitan memadamkan api pada kebakaran rumah milik Marsono Rimin. Karena terkendala di lokasi tidak tersedia air.

Khabar rumah terbakar, disampaikan oleh tetangganya yang menyusul Marsono Rimin ke sawah. Sementara itu, para tetangga kesulitan memadamkan kobaran api yang membakar rumah tersebut, karena terkendala di lokasi tidak tersedia air. Menyikapi ini, warga berupaya melokalisir kobaran api, agar tidak merembet ke rumah-rumah tetangga di sekitarnya.

Korsleting Listrik

Rumah yang terbakar, model limasan Jawa, berukuran lebar 8 Meter dan panjang 12 Meter. Terbangun dari kerangka kayu jati, dengan dinding tembok dan gebyog (papan). Seluruh perabotan rumah tangga termasuk peralatan elektornik, berikut dokumen surat-surat berharga dan simpanan uang, semuanya ludes terbakar. Ikut terbakar pula tiga buah sertifikat bukti pemilikan tanah dan sawah, ijazah, akta kelahiran, dua buah dokumen Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan akta nikah.

Para tetangga, pamong desa, personel Polsek dan Koramil, membantu menyingkirkan puing-puing kebakaran rumah milik Marsono Rimin.

Petugas masih menyelidiki pemicu terjadinya kebakaran. Ada dugaan, disebabkan oleh konsleting listrik. Kepada petugas, Kepala Dusun Soco, Ilham (27), dan Saksi Sriyanto (57) warga Dusun Soco RT 2/RW 3, menyatakan, tahu-tahu melihat api telah berkobar dan sulit dipadamkan. Kondisi cuaca panas tanpa hujan, dan kemunculan angin, telah memicu kobaran api yang membakar rumah makin membesar.

Kapolsek Slogohimo AKP Kukuh Wiyono beserta anggota mendatangi lokasi, untuk melakukan penanganan dan membantu menyingkirkan puing-puing sisa kebakaran. Ikut membantu kerja bakti menyingkirkan puing-puing kebakaran rumah, personel TNI dari Koramil Slogohimo, pamong desa dan warga masyarakat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, kepada korban akan segera diberikan bantuan logistik. Untuk sementara, Marsono beserta anggota keluarganya numpang di rumah famili terdekat. ”Jumlah keluarganya sebanyak enam jiwa,” jelas Bambang Haryanto.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here