Bagikan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka bentuk kepedulian mahasiswa terhadap anak berkebutuhan khusus, mahasiswa KKN Universitas Semarang (USM) di Kecamatan Semarang Barat melaksanakan program kerja dengan melakukan kegiatan sosial berupa Kopi Darat (Kopdar) yang diisi dengan penyuluhan anak penyandang Cerebral Palsy dan bunda hebat atau orang tua yang yang tergabung dalam kominutas Semar Cakep di Aula Kecamatan Semarang Barat pada Minggu (19/1).

Kegiatan yang bertemakan peranorang tua dan masyarakat dalam memahami anak berkebutuhan khusus ini menghadirkan dosen psikologi USM Anna Dian Savitri Mpsi psikolog dan dihadiri Sekcam semarang Barat Pranyoto.

Selain penyuluhan mereka diajak senam bersama, nyanyi bersama dan diskusi berrsama terkaity penanganan anak berkebutuhan khusus.

Semar cakep merupakan komunitas difabel yang ada di Kecamatan semarang Barat dan merupakan satu-satunya komunitas difabel di Indonesia.

“Orang tua dan anak ikut andil dalam mengikuti kegiatan Kopdar ini dalam rangka menumbuhkan rasa percaya diri anak penyandang Cerebral Palsy bahwa dengan kekurangan yang dimiliki anak bisa terus diberikan dukungan untuk keberlangsungan hidup di lingkungan masyarakat kelak serta memberikan wawasan lebih luas mengenai pentingnya pendidikan dan meningkatkan pemahaman mengenai anak-anak khususnya ABK Cerebral Palsy” ungkap Anna.

Sementara Supervisi KKN Kecamatan semarang Barat Khoirudin Meng mengtatakan bahwa kegiatan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada orang tua serta anaknya bahwa anak-anak difabel ini memiliki masa depan yang cerah serta lebih baik dan dapat berkumpul dengan masyarakat lain.

Khoirudin menambhakan peserta mendapatkan bekal untuk mandiri dalam hidup yang layak dan menjalin silaturahmi lebih dekat dengan anak berkebutuhan khusus Cerebral Palsy Semar Cakep dengan Masyarakat.

USM-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here