blank
SAMPAIKAN MATERI : Ir Dewi Larasati MP menyampaikan materi dalam Pelatihan Membuat Nugget Pisang dan Minuman Sari Kacang Hijau di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, pada 28 Desember 2019. Dok/Muha

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Semarang (USM) yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USM mengadakan Pelatihan membuat nugget pisang dan minuman sari kacang hijau di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari.

Kegiatan yang diadakan di Balai Kelurahan Tambakrejo pada 28 Desember 2019 itu diikuti 25 peserta terdiri atas ibu-ibu rumah tangga dan sejumlah remaja. Tim PKM USM terdiri atas Febrina Nafasati Prihantini SE MSi, Dian Indudewi SE MSi dan Alfa Vivianita SE MSi. Sebagai narasumber Ir Dewi Larasati MP.

”Peluang para ibu rumah tangga di Kelurahan Tambakrejo yang ingin membuka usaha kecil cukup besar. Sebab, di Kelurahan Tambakrejo belum banyak usaha yang berfokus pada usaha makanan kecil. Di sini makanan kecil diminati oleh banyak kalangan dari tua sampai anak-anak,” kata Ketua Tim PKM USM, Febrina Nafasati Prihantini SE MSi.

blank
IKUTI PELATIHAN : Para ibu rumah tangga di Kelurahan Tambakrejo mengikuti Pelatihan Membuat Nugget Pisang dan Minuman Sari Kacang Hijau pada 28 Desember 2019. Dok/Muha

Menurutnya, wilayah Kelurahan Tambakrejo adalah wilayah penghasil ikan bandeng, sehingga cukup banyak industri kecil yang bergerak dalam bidang olahan ikan bandeng. Karena sudah ada beberapa industri kecil olahan ikan bandeng di Kelurahan Tambakrejo, maka akan sulit bagi warga yang ingin berusaha di bidang yang sama.

”Kami berharap, melalui pelatihan ini para ibu rumah tangga bisa membuka usaha kecil, sehingga bisa menambah penghasilan keluarga,” ungkapnya.

Dia mengatakann, seorang ibu dituntut untuk kreatif, sabar, ulet dan tekun dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Seorang ibu sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi keluarga guna mencapai kesejahteraan keluarga.

”Ibu dapat berperan ganda disamping tugas pokoknya pengurus rumah tangga, juga membantu perekonomian keluarga,” katanya.

Muha