blank
Agar menarik anak-anak TK Aniqu Kids dalam pengenalan tertib berlalulintas, Unit Dikyasa Satlantas Polres Blora menyelipkan hiburan, tarian kecil, dan permainan. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Untuk menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini, Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora terus mengampanyekan tertib berlalu lintas di alun-alun Blora, Jumat (17/1).

Kali ini, kegiatan pengenalan tata tertib berlalu-lintas (Tatib Lantas), diajarkan kepada anak-anak TK Aniqu Kids Blora oleh Unit Dikyasa Satlantas Polres setempat.

Sekitar 30 anak-anak diajari mengenal berbagai rambu-rambu lalu lintas dengan cara-cara yang menarik perhatian siswa TK Aniqu Kids Kota Sate.

Sosialisasi itu, antara lain pengenalan traffic light, rambu berhenti, rambu penyeberangan, rambu dilarang parkir, jalan menanjak, belok arah dan lainnya.

blank
Saat anak-anak TK Aniqu Kids Blora diajari cara penyeberangan yang benar di jalan raya. Foto : SB/Wahono

Tampak anak-anak antusias dan gembira. Mereka dengan tertib menyimak penjelasan dari petugas, sesekali diselingi nyanyi bersama dan tarian ringan.

“Selain diperkenalkan tentang berbagai rambu-rambu lalu lintas, kami juga mengadakan game atau permaianan,” kata Kasat Lantas AKP Dodiawan

Selain pengenalan berbagai rambu lantas, anak-anak juga diajarkan cara berkendara yang baik dan benar dengan media sepeda.

Kreatif

Menurut AKP Dodi, program sosialisasi tertib lalu lintas sejak dini akan lebih digencarkan, sebagai upaya trobosan kreatif dari Kasat Lantas Polres Blora.

Tujuannya, lanjut Kasat Lantas Polres Blora, untuk menanamkan kedisiplinan dan memberikan proses pembelajaran tata tertib berlalu lintas di jalan raya sejak anak usia dini.

“Kami akan gencarkan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas, guna menekan pelanggaran lalu lintas dan kejadian kecelakaan di Blora,” tambahnya.

AKP Dodiawan berharap, dengan adanya pembelajaran lalu lintas terhadap anak-anak ini nantinya mereka mampu bercerita kepada orang tua masing-masing.

Jika sudah tertanam jiwa tertib berlalu lintas sejak dini, kelak mereka akan hati selama berkendaraan di jalan raya, bahkan bisa sosialisasi pada kawan-kawannya.

Sejumlah guru TK Aniqu Kids yang ikut dalam kegiatan itu, mengaku senang dengan program pengenalan dan pembinaan terteib berlalulintas ini, dan berharap ada acara yang sama di lain waktu.

Wahono-trs