Bagikan
Anggota TNI Kodim 0707/Wonosono melaksanakan kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars) dengan berlari secara berkelompok untuk menjaga kebugaran tubuh dan kekompakan prajurit. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID– Ratusan anggota TNI Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars) dengan berlari secara berkelompok menempuh jarak sekitar 5 kilo meter. Hanmars dilaksanakan guna menjaga kebugaran fisik dan jiwa korsa prajurit.

Stars berawal dari halaman Makodim 0707/Wonosobo lalu menyusuri Jalan Diponegoro, Jalan Pasukan Ronggolawe, Jalan Sindoro, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Ahmad Yani memutari Alun–Alun dan finish di halaman Makodim 0707 lagi.

Kasdim Wonosobo Mayor Caj Hanry Handoko, Jumat (17/1), mengatakan dengan fisik yang terpelihara secara baik maka akan menunjang etos kerja anggota TNI. Sehingga tugas pokok yang diemban akan terlaksana dengan baik.

“Fisik yang prima membuat rumah tangga akan harmonis. Sebab dengan tubuh yang sehat akan terhindar dari berbagai penyakit. Fisik yang sehat dijamin tubuh tidak mudah sakit, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya berobat,” katanya.

Aktifitas tersebut, tambahnya, merupakan bentuk pelaksanaan Minggu militer yang terprogram. TNI-AD harus mengimplementasikan satuan tugas dalam memelihara kemampuan fisik  sekaligus pengingat jati diri para prajurit.

“Hanmars dilakukan untuk melatih ulang ilmu dasar kemiliteran dan kemampuan sebagai aparatur keamanan. Kemampuan dasar tersebut perlu terus dilatihkan agar kondisi fisik anggota TNI tetap terjaga dan selalu siap di lapangan,” tegasnya.

Fisik Bugar

Melalui Hanmars dapat menjalin komunikasi yang baik, menumbuhkan rasa kebanggaan dan rasa kebersamaan seluruh anggota TNI di Kodim 0707/Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Pasi Ops Kodim 0707 Kapten Czi Sarwiyono menandaskan latihan Hanmars menuntut kebugaran fisik prajurit. Kondisi fisik prajurit yang sehat dan kuat akan mampu menunjang tugas pokok aggota TNI dalam pekerjaan sehari-hari.

“Selain memelihara fisik prajurit, latihan Hanmars juga dapat meningkatkan soliditas satuan dan kebersamaan para prajurit. Melalui kegiatan lari berkelompok, anggota TNI merasa satu komando dan satu korp yang harus terus dijaga kekompakannya,” kata dia.

Latihan ini, imbuhnya, bertujuan melatih sekaligus mengingatkan kembali para prajurit tentang berbagai kegiatan dasar sebagai seorang anggota TNI. Sebagai prajurit yang profesional dalam mendukung tugas pokok TNI AD, kondisi fisik harus prima.

“Hanmar diharapkan dapat memelihara dan menjaga  keterampilan serta kemampuan fisiknya secara baik, agar anggota TNI setiap saat siap melaksanakan tugas pokok dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI,” sambungnya.

Melalui Hanmars ini, katanya, juga diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik, menumbuhkan rasa kebanggaan dan rasa kebersamaan sehingga dicapai suatu kekompakan bagi seluruh anggota TNI di Kodim 0707/Wonosobo.

Muharno Zarka-wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here