blank
Bupati Blora, H. Djoko Nugroho (kiri), Bupati Pati, Haryanto (nomor dua dari kiri), dan pimpinan daerah lainnya, Kamis (16/1/2020),  kompak menyatakan siap jadi tuan rumah Porprov Jateng XVI. Foto : SB/Wahono

PATI (SUARABARU.ID) – Kabupaten Blora yang tergabung dalam wilayah Pati Raya, menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XXV/2022 bersama Rembang, Pati, Kudus, Jepara dan Grobogan.

Kesiapan itu dibeber Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Kamis (16/1/2020), dihadapan Pengurus KONI Jateng, Bupati dan Ketua DPRD serta pengurus komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Pati Raya di ruang pertemuan Pragolo, Setda Pati.

“Satu kata, Blora siap tuan rumah Porprov 2022,” tegas Bupati Djoko Nugroho.

Di acara yang sama, Ketua Umum KONI Blora,  Hery Sutiyono, menyatakan sudah menyiapkan secara detail segalanya, termasuk venue, akomodasi hotel, transportasi, perangkat pertandingan dan fasilitas pendukung lainnya.

blank
Para ketua umum dan pengurus KONI se-Pati Raya menyatakan siap menjadi tuan rumah Porprov Jateng XVI/2022.

Kesiapan itu, lanjutnya, untuk perhelatan sebanyak tujuh cabang olahraga (cabor), tenis lapangan, bola voli, judo, panahan, climbing (panjat tebing), aeromodeling, dan angkat besi.

“Porprov melombakan 448 cabor, 41 cabor lainnya akan digelar di Pati, Rembang, Kudus, Jepara dan Grobogan,” tambah Hery.

Sangat Layak

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua KONI Provinsi Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto, melalui Ketua Tim Penjaringan Calon Tuan Rumah Bona Ventura Sulistiana melaporkan kepada Gubernur H. Ganjar Prabowo, bahwa ada empat calon tuan rumah untuk Porprov XVI/2022.

Empat kabupaten-kota itu, terdiri Kota Semarang, Solo Raya, Pati Raya dan Kota Tegal-Pemalang. Namun setelah dilakukan verifikasi, nama terakhir tidak masuk calon kuat tuan rumah, dan Pati Raya mendapat nilai plus.

Perlu diketahui, bila dilihat fasilitas dan sekor memang Kota Semarang dan Solo lebih tinggi dibanding Pati Raya. Itu wajar, karena fasilitas milik Semarang, dan Solo adalah level nasional.

Namun demikian, jika untuk keperluan pembinaan dan pemerataan dalam proses memajukan olahraga kedepan, Pati Raya mendapat nilai positif dan sangat layak jadi tuan rumah penyelenggara Porprov Jateng XVI/2022.

Wahono-trs