blank
WARTAWAN MUDA : Prosesi penyerahan kartu angggota Muda PWI dan penyematan baju seragam PWI Blora kepada Ely Nyunanto, Lilis, dan Hary Foto : SB/Ely.

BLORA (SUARABARU.ID) – Lagi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora mengukuhkan tiga anggota muda PWI di Balai Wartawan PWI, Komplek GOR Mustika Blora, Rabu (15/01/2020).

Pengukuhan ditandai dengan penyerahan kartu tanda anggota (KTA) kepada ke tiga anggota Muda PWI Blora, dan penerimaan seragam PWI.

Ketiga wartawan tersebut, Eli Nyunanto (blora-ekspres.com), Achmad Hary Subiyantoro (Media Edukasi) dan Wiji Sri Lestari (Radio Swara Tani).

Ketua PWI Blora, Wahono, mengatakan pengukuhan ini merupakan salah satu bentuk PWI telah menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

“Ini adalah salah satu bentuk kewajiban kita menjalankan amanah UU Pers. Dan setiap wartawan Indonesia harus masuk organisasi resmi yang diakui Dewan Pers,” katanya

Ditambahkan, wartawan yang dikukuhkan menjadi anggota Muda PWI tersebut, merupakan produk orientasi jurnalistik yang digelar 5 Desember 2019 lalu.

blank
Sebanyak 27 pengurus dan anggota PWI Kabupaten Blora menggelar rapat kerja (raker) semester I Tahun 2020 di sekreyariat PWI setempat, Rabu (15/1/2020). (Foto : SB/Ely).

Gelar Rakerkab

Wahono mengingatkan seluruh anggota PWI harus menaati kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas jurnalistik, dan mendorong anggota PWI ikut program Uji Kompentensi Wartawan (UKW).

“Jika sudah kompeten (lulus UKW, Red), wartawan akan lebih profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnaslistik,” tambahnya.

Kedepan, lanjutnya, tantangan profesi wartawan juga akan semakin berat, dan wartawan harus patuh pada UU yang mengikatnya.

Diberitakan sebelumnya, wartawan Blora dibawah naungan PWI, Umbaran Wibowo (TVRI), lulus UKW level Madya, sehingga total Wartawan Madya di Blora ada lima orang.

Selain Umbaran Wibowo, kata Sekretaris PWI Kabupaten Blora, Kudnadi Saputro, Kamis (17/10/2019), diserahkan pula dua kartu wartawan anggota Muda PWI pada Bambang Dwi Purnomo (Berita Kita), dan Jaryoko (Bloranews.com).

Di acara tersebuta, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) setempat, H. Slamet Pemudji, berkesempatan menyerahkan sertifikat lulus UKW dan kartu Wartawan Madya dari Dewan Pers kepada Umbaran Wibowo.

Sedangkan dua kartu Wartawan Muda PWI, Bambang Dwi Purnomo dan Jaryoko, diserahkan oleh Kepala Dinas Kominfo setempat, Sugiyono, diwakili Kasubag Umum dan Kepagawaian Dinkominfo Merry Jatminingsih.

Ditambahkan, wartawan Blora yang sudah kompeten level Madya saat ini ada lima orang, lulus UKW tingkat Muda sebanyak 11 wartawan, dan wartawan Muda PWI sebanyak 12 orang.

“Kawan-kawan saya ini ada yang lulus UKW di PWI Jateng, dan sebagian lagi ikut UKW di Jatim,” kata Sekretaris PWI Blora.

Ely/Wahono-Wahyu