Quique Setien/dok

BARCELONA (SUARABARU.ID) – Selepas memecat pelatih Ernesto Valverde, manajemen Barcelona langsung menunjuk Quique Setien sebagai pengganti. Setien (61) dikontrak hingga 2022. Dia akan memimpin Los Cules melawan Granada dalam lanjutan LaLiga di Camp Nou, Senin (20/1).

Setien dinilai punya filosofi bermain yang cocok dengan Barca. Dia ingin tim asuhannya memainkan sepak bola indah dengan mengandalkan penguasaan bola. Setien bakal memikul tanggung jawab besar sebagai pelatih La Blaugrana.

Barca merupakan klub kedelapan yang ditanganinya. Sebelumnya, dia lebih banyak membesut tim-tim gurem Spanyol sejak mulai berkarier pada 2001. Prestasi sepanjang 19 tahun karier kepelatihannya terbilang biasa saja. Setien hanya mampu membawa Racing Santander promosi ke LaLiga pada 2002, dan mengangkat Lugo ke Divisi II di 2013.

Setien belum pernah membawa skuadnya menjadi juara di ajang bergengsi dan tertinggi di Spanyol. Membesut salah satu tim terbesar di Negeri Matador, plus melatih pemain-pemain sekaliber Lionel Messi, akan menjadi pengalaman baru buatnya. Mantan gelandang ini juga dituntut mempertahankan dominasi Los Azulgrana pada kompetisi domestik, serta membawa Messi dan kolega meraih gelar Liga Champions.

Setien mengaku sangat senang bisa melatih Messi. Dia sudah lama mengagumi megabintang asal Argentina itu. Begitu dipilih menjadi entrenador anyar Barca, Setien langsung memimpin sesi latihan. Pada kesempatan tersebut dia mencoba mengenal anggota skuadnya. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here