blank
Yoyok Sukawi/dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PSIS Semarang telah memiliki 24 pemain yang akan memperkuat tim pada Liga 1 2020, Senin (13/1). Tambahan tujuh personil melengkapi susunan 17 pemain yang diumumkan akhir pekan lalu. CEO PSIS AS Sukawijaya (Yoyok Sukawi) menyatakan penambahan skuad berasal dari pemain-pemain akademi yang dipromosikan.

Pemain muda yang lebih dulu promosi musim lalu adalah Eka Febri (gelandang), Yoga Adiatama (gelandang), dan Aqsa Saniskara (bek sayap). Tiga pemain muda lain menyusul, yakni Pratama Arhan (bek sayap), Adithya Jory Guruh (striker), dan Yofandani Damai Pranata (kiper). M Fadli (kiper) juga masuk tim bersama seorang pemain senior.

Yoyok memastikan penggawa muda itu akan didaftarkan sebagai pemain Laskar Mahesa Jenar ke PT Liga Indonesia Baru. Menurut dia, semuanya masuk dalam skema pelatih kepala Dragan Djukanovic. ”Pemain Elite Pro Academy PSIS pada 2019 berhasil meraih dua sukses. Sukses prestasi dan sukses mencetak pemain-pemain baru untuk senior. Saya apresiasi hasil bagus ini,” tutur Yoyok.

Para penggawa dari tim akademi itu bakal masuk dalam kategori pemain U-23. Sebab, selama ini di Liga 1 mensyaratkan minimal ada tujuh pemain usia di bawah 23 tahun yang didaftarkan di kompetisi. Untuk pemain ke-24 PSIS yang sepakat bertahan adalah bek sayap Soni Setiawan.

General Manager Wahyoe ”Liluk” Winarto menegaskan Soni sudah aman. Terkait Heru Setyawan (gelandang) dan Endang Subrata (kiper), manajemen belum mengambil keputusan. Enam nama pemain muda PSIS plus Soni ini akan bersatu dengan 17 pemain lain.

PSIS juga meminang tiga bek baru, Alfeandra Dewangga (Timnas U-18), Wahyu Prasetyo (eks Cilegon United), dan Abdul Abanda Rachman (eks Kalteng Putra). Ketiganya masih merampungkan berkas administrasi. Untuk satu slot pemain asing tersisa, manajemen bakal melakukan seleksi saat tim sudah berkumpul. (rr)