Bagikan
Peleton Passkansa SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, meraih lima gelar dalam kejuaraan terbuka LBB Ramaka Tahun 2020.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara Hari Senin (13/1) yang digelar di halaman SMK Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Wonogiri, berlangsung istimewa. Karena diwarnai oleh manuver Pasukan Pengibar Bendera SMK Negeri 1 Jatiroto (Passkansa), yang maju menyerahkan lima piala yang diraih dari lima gelar kejuaraan terbuka Lomba Baris-Berbaris (LBB) Samara Mandala Dhika (Ramaka) Ke XIII Tahun 2020.

Komandan Peleton (Danton) Passkansa, Aditya Nurhayati, maju memimpin penyerahan 5 buah piala hasil dari Ramaka Open 2020 tersebut. Siswi Kelas XI program pendidikan (Prodi) Perbankan (PBK)-1 ini, dengan suara lantang, melaporkan siap menyerahkan lima piala dari hasil kejuaraan Ramaka. Kelima piala tersebut diraih dari gelar juara peleton terdisiplin, juara 3 variasi, juara 3 Danton terbaik, juara 2 baris, dan juara umum 2.

Lima piala tersebut, diserahkan kepada Kepala Sekolah (Kasek), Gunarsi, yang tampil menjadi inspektur upacara. Upacara diikuti oleh para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek), guru, karyawan dan semua siswa. Kasek Gunarsi, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada peleton Passkansa yang mampu mengulang prestasi gemilangnya di kejuraan Ramaka. Dikatakan mengulang, karena pada Kejuaraan Terbuka LBB Ramaka Ke XI Tahun 2018 lalu, peleton Passkansa meraih gelar juara umum pertama.

Kepala Sekolah bersama para guru SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, foto bersama Peleton Passkansa yang meraih gelar juara umum 2 dalam LBB Ramaka 2020.


Paling Bergengsi

Ramaka Open, merupakan event LBB pelajar paling bergengsi tingkat Jateng-DI Yogyakarta. Final kejuaraan LBB Ramaka Open, digelar di Gelanggang Remaja Serbaguna (Gelarsena) Kabupaten Klaten.
Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, menyatakan, kalau Passkansa mendapatkan kembali gelar juara, ini merupakan buah latihan yang tekun, yang selama ini dilakukan para siswa dengan bimbingan Guru Pembina dan instruktur profesional dari institusi eksternal. ”Kepada semua pihak, saya menghaturkan terima kasih,” ujar Kasek Gunarsi yang disambut tepuh riuh semua peserta upacara.

Wakasek Kesiswaan SMK Negeri 1 Jatioroto, Maryono, dan Guru Pembina OSIS, Bahrudin, menyatakan, kejuaraan LBB Ramaka merupakan ajang perlombaan yang sangat ketat dan kompetitif. Sebab, peleton-peleton pelajar yang ikut dalam kejuaraan ini, memiliki kualifikasi tingkat mahir dalam penguasaan ketrampilan baris-berbaris dengan segala variasinya.

Kepala SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Gunarsi (kanan), menerima laporan dari Peleton Passkansa yang meraih lima gelar dalam LBB Ramaka 2020.

Hasil LBB Ramaka Open 2020, untuk tingkat SMA/SMK dan sederajat, juara umum pertama dimenangi oleh Peleton SMA Pradipta Dirgantara dan juara umum kedua SMK Negeri 1 Jatiroto, gelar juara favorit diraih Peleton SMA Negeri 3 Boyolali. Untuk tingkat SMP dan sederajat, juara umum diraih oleh Peleton SMP Negeri 1 Surakarta, gelar juara favorit diraih Peleton SMP Negeri 3 Kalten.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here