blank
Salah satu kandidat yang diajukan Plat Hijau dalam Pilkada Wonosobo 2020 tengah mengikuti wawancara bersama tim panelis Plat Hijau. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemanggilan calon kandidat dalam Pilkada Wonosobo September 2020 mendatang yang diajukan Plat Hijau untuk melakukan wawancara dengan tim panelis di PP Annur Kalierang Selomerto, Minggu (12/1) malam, telah selesai.

Dari 11 nama kandidat yang direkomendasikan Plat Hijau, hanya 9 nama yang hadir. Dua nama yakni Drs Sabar Al Imron (mantan Sekretaris PCNU) dan  Agus Ahmad Muhammad (Ketua DPC Partai Hanura) sampai wawancara 9 kandidat berakhir, belum juga hadir.

Sekretaris Plat Hijau KH Choirullah mengatakan proses wawancara di atas merupakan lanjutan dari halaqoh di Hotel Surya Asia beberapa waktu lalu yang merekomendasikan 11 nama kader NU untuk diajukan dalam Pilkada Wonosobo 2020.

“Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Plat Hijau yang mengajukan 11 kandidat yang selanjutnya dilakukan proses pemanggilan guna menanyakan kesiapan masing-masing kandidat. Pemanggilan ini telah memenuhi 80 persen kehadiran kandidat,” katanya.

Suasana wawancara pun berlangsung cair dan penuh humor. Dari luar ruangan tak jarang terdengar gelak tawa dari setiap kandidat dan tim panelis. Setelah melakukan wawancara, ke 9 kandidat diminta untuk menandatangani surat pernyataan.

Dari sejumlah 9 nama yang melakukan wawancara, tambahnya, satu kandidat yakni Hj Ummi Fatmah Alh (Ketua PC Muslimat NU Wonosobo) menyatakan tidak siap diajukan dalam Pilkada Wonosobo 2020 mendatang karena dunia politik bukan makomnya.

blank
Sekretaris Plat Hijau KH Choirulloh, usai memberikan konferensi pers pada wartawan. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Melalui Polling

“Nyai Ummi Fatmah menyatakan tidak siap dicalonkan sebagai kandidat Pilkada Wonosobo dari Plat Hijau, karena dunia politik bukan makomnya. Namun demikian beliau siap all out mendukung kader NU yang diajukan Plat Hijau dalam Pilkada Wonosobo,” katanya.

Dua nama yang ditunggu sampai selesai proses wawancara 9 kandidat selesai tetap tidak hadir dalam wawancara, imbuhnya, dinyatakan mengundurkan diri. Besok pagi, Senin (13/1), akan diberitahu melalui surat resmi dari Plat Hijau.

Delapan kandidat yang hadir, yakni Triana Widodo (pengusaha), Heru Irianto (mantan Wakil Ketua DPRD), Aryadi (pengusaha), Hasan Asy’ari (mantan anggota DPRD Jawa Tengah), M Albar (Ketua DPC PKB), Ngarifin Shidiq Alh (Ketua PCNU) dan Abdurrahman Effendi (Ketua MWCNU Wonosobo).

Menurut Gus Choir yang juga Pengasuh PP Annur Kalierang Selomerto, ke 8 kandidat yang hadir dalam wawancara dan menyatakan siap diajukan Plat Hijau dalam Pilkada 2020 mendatang, akan mengikuti proses berikutnya.

“Guna menentukan siapa kandidat yang layak diajukan dalam Pilkada, ada tiga unsur yang harus dilalui, yakni polling suara masyarakat bawah, pernyataan kesiapan dari kandidat dan masukan dari kasepuhan di kalangan NU dan tim Plat Hijau,” sebutnya.

Seperti diketahui, Plat Hijau adalah sebuah wadah untuk melakukan konsolidasi politik di internal NU Wonosobo dalam menghadapi Pilkada 2020. Plat Hijau beranggotan beberapa anggota Syuri’ah PCNU, Tanfidziyah PCNU, Banom NU, MWC NU dan Pengurus Ranting NU.

Muharno Zarka/mm