Bagikan
Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK melakukan penanaman pohon sebagai upaya untuk melestarikan alam dan menghijaukan lingkungan. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mendukung program penghijauan yang dicetuskan Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Azis, jajaran Polres Wonosobo secara serentak melakukan penanaman ribuan pohon tanaman keras di berbagai tempat, Kamis (9/1).

Penanaman pohon diawali di pinggir Lapangan Tenis dan di sekeliling Mako Polres dan berlanjut ke seluruh lingkungan Polsek se-Wonosobo. Penanaman melibatkan seluruh pejabat utama (PJU) Polres, Kapolsek dan anggota kepolisian yang lain.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK, mengatakan selain ditanam di lingkungan Polres dan Polsek, ribuan pohon juga akan dibagikan ke warga di berbagai desa yang ada di Wonosobo. Pohon yang diserahkan ke warga akan ditanam di lahan kritis.

“Hari ini secara serentak keluarga besar Polres Wonosobo melakukan penanaman benih pohon untuk melestarikan alam sekaligus mengantisipasi daerah yang rawan terjadi bencana alam tanah longsor di musim penghujan,” ujarnya.

Tanaman Keras

Menurut Kapolres, meskipun pengaruhnya tak dapat langsung dirasakan masyarakat namun dengan penanaman pohon ini potensi kerawanan bencana alam tanah longsor di daerah pegunungan seperti Wonosobo dapat diminimalisir di masa yang akan datang.

“Bibit pohon yang tanam merupakan jenis tanaman keras dan buah-buahan yang bisa dimanfaatkan hasilnya. Pohon tanaman buah yang ditanam yakni jenis jambu merah, mangga dan alpukat dan bibit pohon lain yang berakar tunggang,” jelasnya.

Bibit tanaman keras dan buah-buahan, tambahnya, dikenal punya kekuatan untuk menahan  tanah agar tidak longsor. Jika lahan kritis banyak ditanami pohon maka akan menghindari terjadi musibah bencana alam seperti tanah bergerak dan longsor.

Pihaknya berharap seluruh anggota Polres Wonosobo maupun Polsek dapat merawat pohon-pohon yang telah ditanam.

“Jangan berhenti hanya menanam, tapi harus terus dirawat. Ini tugas bersama, agar pohon yang ditanam memberi manfaat,” ungkapnya.

Muharno Zarka/mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here