blank
AnggotaTNI Rindam IV/Diponegoro bersama masyarakat dan siswa sekolah melakukan karya bakti membersihkan Museum Sudirman di Kota Magelang, (Dok Rindam IV/Diponegoro)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)  –  Ratusan anggota TNI Rindam IV/Diponegoro bersama masyarakat dan siswa berbagai sekolah, Kamis (9/1) melakukan kegiatan karya bakti membersihkan Museum Sudirman di Komplek Taman Badaan, Jalan Pahlawan, Kota Magelang.

Kegiatan yang dipimpin Komandan Rindam IV/Diponegoro Kol Inf Amrin Ibrahim sekaligus untuk melestarikan cagar budaya peninggalan Jenderal Besar Sudirman.

‘’Karya bakti ini wujud sinergitas TNI dan masyarakat. Sebab, TNI merupakan bagian dari masyarakat yang juga memiliki tanggung jawab bersama terhadap lingkungan sekitarnya,’’ ujarnya.

Menurutnya, aksi ini sekaligus upaya melestarikan cagar budaya peninggalan Sang Jenderal Besar yang memiliki jejak sejarah di Kota Magelang. Termasuk menyerap dan meneruskan semangat perjuangan Sudirman yang pantang menyerah demi bangsa dan negara.

‘’Kita bisa lihat di dalam museum berisi aneka benda bersejarah peninggalan Jenderal Sudirman. Kita bisa mendalami saksi bisu itu, sekaligus menyelami semangat beliau dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dan mengusir penjajah Belanda dari bumi Indonesia,’’ tegasnya.

Kolonel Amrin menerangkan, karya bakti dengan masyarakat ini secara langsung hasilnya akan lebih efektif dan ringan karena dikerjakan bersama-sama, sehingga nantinya akan dirasakan warga masyarakat lingkungan sekitar museum.

‘’Kegiatan kita ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Maka, kami mendorong masyarakat untuk mengedepankan pola hidup bersih dan sehat,’’ jelasnya. (Doddy Ardjono)