blank
Penyerahan Dana Bulan Dana PMI dari Sekda Jepara kepada Ketua PMI Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kesadaran masyarakat Jepara terhadap kegiatan-kegiatan  kemanusiaan tergolong tinggi. Hal ini tercermin dengan besaran  dana yang berhasil dikumpulkan oleh PMI Cabang Jepara dalam gerakan bulan dana PMI. “ Tahun 2019 lalu kita berhasil menghimpun dana kemanusiaan dari masyarakat sebesar Rp 1,890 miliar. Naik sebesar 4,7 persen jika dibandingkan tahun 2018.

blank
Foto bersama Forkopinda dan para Camat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Bulan Dana PMI Jepara Edy Sujatmiko yang juga menjabat sebagai Sekda Jepara saat berlangsung  Penutupan Bulan Dana PMI Kabupaten Jepara Tahun 2019, Kamis (9/1/2020), di Pendapa Kartini Jepara. Kegiatan ditandai dengan penyerahan dana dari Ketua Panitia Bulan Dana PMI Jepara Edy Sujatmiko kepada Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto.

Menurut Edu Sujatmiko, capaian itu juga merupakan wujud kepedulian dan sekaligus kepercayaan masyarakat terhadap Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara. “ Oleh sebab itu kepercayaan ini harus dijaga dengan pengelolaan dana dengan prinsip-prinsip yang benar. Salah satunya transparansi,” ujar Edy Sujatmiko yang juga mewakili Plt Bupati Jepara.

Dikatakan, bulan dana PMI dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak bulan Agustus hingga November 2019. “ Sedangkan hasil pengumpulan ini akan dipergunakan untuk operasional PMI Jepara selama satu tahun. Diantaranya kesiapsiagaan PMI menghadapi bencana, bantuan, siaga ambulan, unit donor darah, pendidikan dan latihan relawan,” ujar Edy Sujatmiko.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto,  menyatakan ucapan terimakasihnya atas keberhasilan panitia menghimpiun dana masyarakat yang demikian besar. “Semoga tahun 2020, Pak Edy Sujatmiko bersedia kembali menjadi ketua bulan dana PMI,” ujar Sutejo. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah ambil bagian dalam gerakan kemanusiaan ini.

Hadi Priyanto-trs