blank
Bersamaan dengan gerakan penghijauan massal Polisi peduli penghijauan, Kapolres AKBP Christian Tobing (kiri), menyerahkan bibit sebanyak 2 ribu pohon untuk ditanam di seputar Waduk Gajahmungkur.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Rabu (8/1), memimpin gerakan massal penghijauan di sekitar perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Kegiatan mitigasi (upaya yang ditujukan untuk mengurangi dampak) bencana ini, mengambil tema ”Polri peduli penghijauan,” dan sub tema ”Polres menanam pohon guna mendukung penghijauan di wilayah Kabupaten Wonogiri.”

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Wonogiri yang diwakili Asisten Sekda Bidang Perekonomiam dan Administrsi Pembangunan, Bambang Hariyadi, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi bersama jajaran Forkompinda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bambang Haryanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, Sentot Sujarwoko, Kepala Dinas Lingkungam Hidup, Sri Wahyu Widayatto, dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Dr Yuli Bangun Nursanti.

Beirkut hadir pula Kepala Satpol-PP, Waluyo, Kepala Kesbangpol, Sulardi, Waka Polres Kompol Adi Nugroho bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres, para Kapolsek se jajaran Polres Wonogiri, Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto, para relawan peduli lingkungan, Tagana, Ketua RT se Desa Sendang bersama para relawan Destana (Desa Tangguh Bencana).

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan membungkuk) melakukan penanaman pohon. Didampingi Kades Sendang, Sukamto, dan Kanit Provost Iptu Supardi (berdiri kesatu dan kedua dari kanan).


Sejuta Pohon:
Kapolres menyatakan, gerakan massal penghijauan ini, untuk mendukung program Kapolri tentang peduli penghijauan. Juga mendukung program pemerintah, dalam upaya melestarikan lingkungan dan alam sekitar. Secara nasional, akan dilaksanakan penanaman sejuta pohon di Tanah Air, yang pencangannya akan dilakukan Presiden Jumat Tanggal 10 Januari Tahun 2020 lusa.

Dengan penanaman pohon, kata Kapolres, akan memberikan banyak manfaat, yakni mencegah banjir dan tanah longsor, menjadikan udara bersih sehat dan segar, memunculkan sumber mata air agar di musim kemarau tidak kekurangan air bersih. Juga memberikan dampak positif dalam upaya mitigasi bencana, termasuk untuk mecegah peningkatan suhu bumi yang merusak lapisan ozon.

blank
Wakapolres Kompok Adi Nugroho (kiri) menyerahkan bibit penghijauan dalam gerakan massal Polisi peduli penghijauan, untuk ditanam di seputar Waduk Gajahmungkur.

Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Pauir Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, gerakan massal penghijauan ini sebagai implementasi Commander Wish Kapolri melalui program Polri peduli lingkungan. Ikut memberikan sambutan, Bupati yang diwakili Asisten Sekda Bambang Haryadi.

Bersamaan itu, kepada pamong desa dan masyarakat diberikan bibit penghijauan sebanyak 2.000 pohon, yang ditanam di wilayah perbukitan Gajahmungkur. Utamanya di kawasan Watu Cenik dan Joglo, di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Lokasi ini, selama ini menjadi pangkalan luncur bagi para atlet olahraga gantole dan terbang layang.

Bambang Pur