blank
Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari menjelaskan sepanjang tahun 2020 Kota Semarang akan menggelar puluhan event untuk meningkatkan pariwisata Kota Semarang, Rabu (8/1/2020). (foto: hery priyono)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tercapainya target kunjungan wisatawan Kota Semarang yang melebihi 5,7 juta wisatawan sesuai RPJMD 2019, membuat dinas terkait semakin giat menggalakkan program-program yang akan dijalankan pada 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Indriyasari saat menjadi narasumber di Forum Pegiat Wisata Kota Semarang, Rabu (8/1/2019), di Hotel Noormans Semarang mengatakan pihaknya untuk tahun 2020 akan meningkatkan kualitas pariwisata.

“Dari target 5,7 juta wisatawan sesuai RPJMD 2019 dan ditambah instruksi Wali Kota Semarang yang minta ditingkatkan menjadi 7,2 juta wisatawan, di tahun 2020 kami mentargetkan angka kunjungan wisatawan di angka 6,2 juta,” katanya.

Kepala dinas yang biasa disapa Bu Iin ini mengatakan, target angka 6,2 juta memang lebih rendah dari capaian lebih sesuai instruksi wali kota namun lebih tinggi dari RPJMD 2019. Hal ini lantaran pada tahun 2020, Disbudpar akan fokus pada peningkatan kualitas wisatanya.

blank“Kita tingkatkan kualitasnya, mulai dari destinasinya, event-eventnya, kulinernya, termasuk bagaimana membuat para wisatawan bisa membelanjakan uangnya sepenuhnya di Kota Semarang. Tapi ini bukan berarti kita mengabaikan kuantitas kunjungannya, karena kita akan menjaga juga jumlah wisatawan yang datang berkunjung,” katanya.

Iin menambahkan, di sepanjang tahun 2020 Kota Semarang akan menggelar 74 event dengan dua di antaranya merupakan event bertaraf nasional. Ke dua event tersebut adalah Festival Cheng Ho pada September dan Festival Kota Lama pada Agustus. Ke dua event tersebut juga masuk ke dalam Calender of Event 2020 Jateng bersama dengan 8 event nasional lainnya.

Hery Priyono- wahyu