blank
Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM foto bersama usai penyerahan secara simbolis sertfikat Microsoft Office Specialist (MOS) di Lab Kompuetr USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa Universitas Semarang (USM) dibidang teknologi, USM memberikan pelatihan dan ujian Microsoft Office Specialist (MOS) kepada mahasiswanya dan bagi yang dinyatakan lulus uijan on line sebanyak 269 mahasiswa diberikan sertifikat MOS.

Penyerahan sertifikat secara simbolis diberikan oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM kepada mahasiswa di Laboratorium Komputer USM pada Selasa (7/1).

Menurut Andy, perkembangan dunia IT itu sangat cepat dan kita harus beradaptasi, saat ini USM yang pengelolaannya dibawah Yayasan Alumni Universitas Diponegoro sangat mendukung sarana prasana untuk menunjang kemajuan USM terutama yang berkaitan dengan mahasiswa seperti GOR, Gedung Parkir, Laboratorium dan lain-lain.

“Di dalam melakukan aktivitas apapun itu, kita melihat lingkungan eksternal yang akan selalu berubah dan berkembang salah satunya IT, untuk itu kita harus bekali mahasiswa dengan kompetensi tambahan seperti sertefikasi MOS”. Ungkapnya.

Ditambahkan Andy, mahasiswa harus siap untuk mengikuti perubahan kedepan, karena akan selalu ada perubahan dalam berbagai bidang, maka mahasiswa USM selain diberikan hard skill juga diberikan kemampuan soft skill melalaui kegiatan mahasiswa baik melalui BEM, Dewan Mahasiswa, maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Sementara Wakil Rektor I USM Prof Dr Hardani W MM Psikolog mengatakan bahwa lulusan USM nantinya harus memiliki bekal tambahan yang dimasukkan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

“Saat ini mahasiswa baru USM diberikan pelatihan komputer dan sertifikasi internasional berupa sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS)” ungkap Hardani

“Selain itu mahasiswa USM juga dibekali kemampuan bahasa inggris dan wawasan kebangsaan sehingga ketika lulus nantinya sudah siap bersaing dengan lulusan lain” tambahnya.

Kepala UPT Komputer USM Saiful Hadi MKom mengatakan bahwa program ini rutin digelar setiap tiga bulan sekali dan bekerja sama dengan microsoft, dan USM menjadi testing center microsoft di Jawa Tengah.

“USM telah berlangganan Microsoft Imagine Academy (MIA) sehingga bisa menyelenggarakan test atau exam sertfikasi microsoft di kampus USM, dan Lab Komputer kami saat ini sudah yang terbaru yaitu dengan sepesfikasi prosecor core i7” ungkap Saiful.

“Ini langkah awal untuk sertifikasi Microsoft, kedepan bisa di tingkatkan lagi khusunya mahasiswa IT bisa ikut sertifikasi Microsoft Technology Associate (MTA)”tambahnya.

USM-wahyu