blank
TANDATANGANI BERITA ACARA : AKBP Kristanto Yoga Darmawan saat menandatangani berita acara serah terima jabatan dan pengambilan sumpah sebagai Wakapolresta Banyumas menggantikan Kompol Davis Busin Siswara yang selanjutnya menjabat Kasatlantas Polresta Banyumas. Serah terima jabatan dan pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan di halaman Mapolresta Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (6/1/2020). Antara

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)– Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, Jawa Tengah, masih kekurangan personel untuk memenuhi kebutuhan ideal Polresta Banyumas, kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka.

”Kami akan mengajukan penambahan kepada pemerintah karena untuk Polresta Banyumas kemungkinan memang ada kekurangan yang harus ditambah,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Kapolresta mengatakan hal itu kepada wartawan usai Upacara Serah Terima Jabatan dan Pengambilan Sumpah Wakapolresta, Pejabat Utama, dan Kapolsek Jajaran Polresta Banyumas di halaman Markas Polresta Banyumas.

Kendati demikian, dia mengakui pengajuan penambahan personel untuk Polresta Banyumas membutuhkan proses.

”Idealnya (personel Polresta Banyumas) 2.220 orang, kalau sekarang sekitar 1.000 orang,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa memastikan kapan pemenuhan kebutuhan personel yang ideal untuk Polresta Banyumas itu dapat tuntas.

”Tapi yang jelas, kemampuan kami, mau, tidak mau, kita paksa untuk lebih profesional. Dalam artian, meskipun dengan kekurangan yang ada, kita akan tetap profesional, dan kita akan meningkatkan itu,” ujarnya menegaskan.

Terkait dengan serah terima jabatan, Kapolresta mengatakan pergantian pejabat merupakan sesuatu yang wajar, namun khusus untuk Polresta Banyumas setelah dinaikkan tipenya dari Kepolisian Resor itu wajib ada hal-hal yang memang baru.

Dalam hal ini, kata dia, Wakil Kepala Polresta harus memiliki pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) sehingga harus dilakukan pergantian.

Dikukuhkan
Menurut dia, tahapan berikutnya kemungkinan akan dilakukan pengukuhan dari masing-masing Kepala Satuan maupun Kepala Bagian yang rencananya akan dikukuhkan pada hari Selasa (7/1).

”Seperti Kabag Sumda (Sumber Daya), Kapolsek (Kepala Kepolisian Sektor), mereka yang dinilai memenuhi syarat, berarti mereka akan kita kukuhkan,” katanya.

Dia mengharapkan para pejabat baru dapat segera menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan.

Sementara bagi pejabat lama, kata dia, pihaknya menyampaikan terima kasih karena mereka rata-rata menjabat lebih dari tiga bulan sehingga punya peran dalam kenaikan tipe Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas.

Disinggung mengenai pangkat untuk Kepala Polsek di wilayah hukum Polresta Banyumas, dia mengatakan bagi Polsek urban dijabat oleh Komisaris Polisi, sedangkan Polsek plural dijabat oleh Ajun Komisaris Polisi.

Menurut dia, pihaknya masih melihat perkembangan terkait dengan kemungkinan adanya penambahan jumlah Polsek urban di wilayah hukum Polresta Banyumas.

Berdasarkan data, di wilayah hukum Polresta Banyumas saat ini ada empat Polsek urban, yakni Polsek Purwokerto Timur, Polsek Purwokerto Selatan, dan Polsek Purwokerto Utara.

Sementara jabatan yang diserahterimakan terdiri atas Wakapolresta Banyumas dari Kompol Davis Busin Siswara kepada AKBP Kristanto Yoga Darmawan yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Pengkajian Lingkungan Strategis (Subbagjianlingstra) Bagian Pengkajian Lingkungan (Bagjianling) Biro Pengkajian dan Strategi (Rojianstra) Staf Operasional Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kompol Davis Busin Siswara selanjutnya menjabat Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas menggantikan AKP Dodiawan yang mengemban jabatan baru sebagai Kasatlantas Polres Blora, Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Selanjutnya Kepala Bagian Perencanaan Polresta Banyumas diserahterimakan dari Kompol Sulistyo Dwi Cahyono kepada Kompol Ike Yulianty yang sebelumnya menjabat Kabag Perencanaan Polres Kebumen, Polda Jateng.

Kompol Sulistyo Dwi Cahyono selanjutnya menjabat Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polresta Banyumas menggantikan AKP Kusnadi yang mengemban jabatan baru sebagai Kapolsek Karanganyar, Polres Kebumen.

Jabatan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyumas diserahterimakan dari AKP Agung Yudiawan kepada AKP Berry yang sebelumnya menjabat Perwira Unit (Panit) 2 Unit 1 Subdirektorat 5 Direktorat Kriminal Khusus Polda Jateng. AKP Agung Yudiawan selanjutnya menjabat Kepala Unit 4 Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng.

Jabatan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polresta Banyumas diserahterimakan dari AKP Suprijadi kepada AKP Wahyono yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Pengendalian Operasi Bagian Operasi Polresta Banyumas.

AKP Suprijadi selanjutnya menjabat Kapolsek Wangon, Polresta Banyumas, menggantikan Kompol Sutrisno Utomo yang mengemban jabatan baru sebagau Bhayangkara Penyelia Bidang Operasi Polresta Banyumas.

Jabatan Kepala Satuan Reserse Narkoba diserahterimakan dari AKP Gunawan Widodo kepada Kompol Edhy Purwanto yang sebelumnya menjabat Tenaga Pendidik Muda 12 Sekolah Polisi Negara Polda Jateng.

AKP Gunawan Widodo selanjutnya menjabat Kapolsek Purwojati, Polresta Banyumas, menggantikan AKP Jamaluddin Hasibuan yang mendapat tugas baru sebagai Bhayangkara Administrasi Penyelia Bidang Sumber Daya Polresta Banyumas.

Jabatan Kapolsek Purwokerto Timur diserahterimakan dari Kompol Rojak kepada Kompol Nooryadhi yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Sistem dan Manajemen Bagian Strategi dan Manajemen Biro Perencanaan Polda Jateng. Kompol Rojak selanjutnya menjabat sebagai Tenaga Pendidik Muda 12 Sekolah Polisi Negara Polda Jateng.

Ant/Muha