blank

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah pos jaga berbentuk gubuk roboh setelah ditimpa pohon jati yang tumbang, Minggu (5/1). Insiden ini terjadi di Desa Ngrandu, Kecamatan Geyer. Peristiwa ini terjadi pada saat hujan disertai angin yang melanda di daerah tersebut. Tiba-tiba, pohon jati yang berada di areal hutan RPH Pepe BKPH Monggot lingkungan KPH Gundih tumbang dan menghalangi jalan Dusun Pepe.

Akibat kejadian ini, sebuah motor dan pos jaga rusak berat akibat pohon tumbang ini. Hal tersebut dibenarkan Kepala Pelaksana BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih.

“Benar, kami mendapatkan informasi adanya pohon tumbang yang terjadi di areal hutan BKP Monggot. Tepatnya di petak 133 RPH Pepe. Mendapatkan informasi tersebut, tim dari BPBD Grobogan langsung bergerak ke lokasi kejadian,” ujar Endang, saat dikonfirmasi.

Pohon jati teresan yang tumbang ini kemudian dievakuasi petugas dengan cara melakukan pemotongan pada bagian batang. Setelah pemotongan dilakukan penyingkiran ke pinggir jalan agar jalur Dusun Pepe, Kecamatan Monggot dapat dipergunakan kembali oleh warga yang akan melakukan aktivitas.

“Kejadiannya tadi pukul 13.30 WIB. Pohon tumbang ini menyebabkan akses jalan di Dusun Pepe menjadi terhambat. Kemudian, BPBD bersama mandor RPH Pepe, Bagana, SAR MTA dan masyarakat sekitar bekerja bakti membersihkan reruntuhan pohon jati,” tambah Endang.

Pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada di musim penghujan ini. Terutama, pada saat turunnya hujan lebat disertai angin kencang.

Hana Eswe-trs