blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan beserta pejabat utama menanam pohon buah di Mapolres usai apel Jumat (3/1) sebagai program "Polri Peduli Penghijauan."(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Menyikapi fenomena bencana banjir di sejumlah tempat di Tanah Air,  Polres Kebumen melakukan gerakan peduli lingkungan dan menggalakkan penanaman pohon di kompleks Mapolres hingga ke seluruh Mapolsek. Kegiatan penanaman pohon itu masuk dalam program “Polri Peduli Penghijauan.”

Selepas apel pagi Jumat (3/12), Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin langsung kegiatan penanaman bibit pohon di Mapolres Jalan Tentara Pelajar. Kegiatan tersebut diikuti seluruh pejabat utama Polres, Bhayangkari dan seluruh personil, dengan menanam ratusan bibit penghijauan.

Menuruat Kapolres, bibit pohon yang ditanam meliputi jambu, kelengkeng, durian dan pohon berbuah lainnya.“Pada penanaman bibit pohon kali ini di Polres kami mengutamakan pohon yang berbuah sehingga akan lebih bermanfaat untuk anak cucu kelak,”jelas AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Menurut Kapolres, gerakan penghijauan itu merupakan program terpusat dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azid dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di jajaran Polda Jateng dan Polres Kebumen. Kegiatan tersebut dinilai memberikan manfaat kepada alam dan generasi yang akan datang.

Pada kegiatan penanaman pohon itu jajaran Polres Kebumen menanam bibit pohon di sejumlah titik di sekitar Mapolres, di antaranya di dekat lapangan apel sebelah timur Mapolres yang berbatasan dengan Jalan Tentara Pelajar. Selaian itu juga ditanam di samping utara Mapolres dekat tempat parkir dan di dekat gang masuk ruang Sat Reskrim dan di beberapa titik yang lahanya masih kosong.

Bibit pohon yang ditanam itu nanti akan dirawat oleh anggota Polres sesuai pembagian dari awal. Para personil polisi ditugasi menyirami dan memupuk serta merawat pohon yang ditanam sehingga pertumbuhan bibit pohon bisa langsung dilihat setiap saat.

Suarabaru.id/Komper Wardopo