blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, tokoh masyarakat Arif Yuswandono, Camat Buluspesantren Suis Idawati dan Muspika serta santri berfoto bersama pada malam zikir dan sholawat di ndalem Prajuritan Desa Setrojenar, Selasa malam 31/12. (Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang dan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz yang diwakili Camat Buluspesantren Suis Idawati, pada malam tahun baru Selasa (31/12) telah meresmikan Pos Siskaming dan Rintisan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat dan Ulama (FKPMU) di ndalem Prajuritan Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren.

Peresmian tersebut dikemas dalam acara ndalem Prajuritan Bersholawat Bersama Majelis Zikir dan Sholawat Kecamatan Buluspesantren. Zikir dan sholawat dipimpin Ketua Mahage Kabupaten Kebumen Habib Rijal Al Athos dengan Munsyid Gus Anas serta diisi tausiyah oleh KH Muhamad Khalwani.

Kapolres Kebumen dalam amanatnya mengapresiasi peresmian Pos Siskamling dan rintisan FKPMU yang dilaksanakan tepat di malam pergantian tahun baru, dari 2019 ke 2020.”Saya bangga dan sangat apresiasi kepada masyarakat Buluspesantren, disaat yang lain ramai berkumpul di Alun-alun menyambut tahun baru, kalian memilih duduk kusyuk berzikir dan bersholawat,”ujar Kapolres.

Kapolres juga mendukung adanya Pos Siskamping dan rintsan FKPMU. Apalagi jumlah personil kepolisian terbatas. Jadi sangat diharapkan masyarakat sendiri bersama para tokoh dan ulama mampu menyelesaikan masalah-masalah Kamtibmas yang ada di lingkungannya. FKPMU itu juga selaras dengan misi Polri yang lebih soft dan humanis  serta partisipasi aktif masyarakat, yaitu mewujudkan konsep Perpolisian Masyarakat atau Community Policing.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dalam sambutan tertulis yang dibacakan Camat Buluspesantren Suis Idawati berharap adanya Pos Siskaling dan rintisan FKPMU dapat menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan Kebumen yang lebih kondusif dan maju. Bupati juga berterima kasih adanya inisiatif masyarakat Setrojenar yang peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Acara dihadiri ribuan santri, ulama, pemuda dan masyarakat  tersebut juga mendoakan untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, keamanan dan kedamaian Kabupaten Kebumen menjelang Pilkada 2020 sebagai bagian dari pilkada Serentak di Indonesia agar berjalan aman, damai dan demokratis.

Suarabaru.id/Komper Wardopo