blank
Hj. Lestari Moerdijat, Pembina Yayasan Darma Bhakti Lestari

JEPARA (SUARABARU.ID) – Rencana menghadirkan M.C. Ricklefs dalam seminar  untuk mepertegas keberadaan Ratu Kalinyamat gagal dilakukan. Padahal seminar tersebut  sudah direncanakan  akan dilakukan  pada awal tahun 2020. “Berita duka kita dengar bersama, Prof. M.C. Ricklefs telah berpulang pada Minggu, 29 Desember 2019, pukul 10.30 waktu Melbourne, Australia, dalam usia 76 tahun,” ujar  Pembina Yayasan Darma Bhakti Lestari,  Lestari Moerdijat  yang menjadi  inisiator  pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional.

blank
Prof. M.C. Ricklefs

Seminar tersebut  direncanakan menghadirkan M.C. Ricklefs sebagai pembicara utama. ‘ Namun kendati beliau telah meninggal, karya-karyanya  tidak akan hilang dan akan terus menjadi rujukan dan  inspirasi sejarah ditanah  air. Sebab banyak karya  sejarah beliau yang menjadi referensi para ahli sejarah di Indonesia,” ujar  Lestari Moerdijat.

Menurut Lestari Moerdijat, salah satu buku yang mengungkapkan keberadaan Ratu kalinyamat, yaitu The History of Modern Indonesia since 1200 karya M.C. Ricklefs. “ Dalam buku ini  ia menyebutkan keberadaan kota makmur Jepara dengan Ratu Kalinyamat sebagai penguasa waktu itu. Pada halaman 44-45 dengan jelas tertulis Jepara merupakan kota pelabuhan penting saat itu,”ujar  Lestari Moerdijat,

Pengaruh Jepara menjadi sangat besar pada abad ke-16 ketika Jepara berada di bawah kekuasaan dari seorang Ratu yang bernama Ratu Kalinyamat. Pada tahun 1551 Jepara membantu Johor dalam misi penyerangannya yang tidak begitu sukses terhadap Malaka, dan kemudian pada 1574 Jepara kembali mengepung Malaka selama tiga bulan,” ujar Lestari yang juga Wakil Ketua MPR RI, 30 Desember 2019.

Karenaitu Tim  ahli YDBL terdiri dari profesor, guru besar, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ingin  menghadirkan  Ricklefs dalamsebuah seminar untuk memperkuat kajian akademis usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.” Tim  bersepakat menghadirkan Rickles dalam seminar nasional Ratu Kalinyamat. Ricklefs adalah narasumber penting yang dapat memperkuat dan menunjukan pengakuan keberadaan RatuKalinyamat dalam eksistensi sejarah perempuan Jawa di Indonesia,” ujarnya.

Prof. M.C. Ricklefs  merupakan ahli sejarah Indonesia berkewarganegaraan Australia lahir di Amerika. Kajian dan objek utama penelitiannya adalah sejarah kerajaan-kerajaan Islam di Jawa. Serta pengaruhnya pada kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Ricklefs banyak mengungkap aspek pergulatan masyarakat Jawa dalam menghadapi perubahan budaya pada masa 1600 hingga kini akibat masuknya pengaruh kebudayaan Islam dan Barat. (SUARABARU.ID/Ulil Abshor)