blank
Baliho Khaul Gus Dur ke-10 di Alun-Alun Wonosobo, Minggu (29/12) sudah terpasang di mana-mana. Foto : SuaraBaru. id/dok.

WONOSOBO(SUARABARU.ID)– Ribuan warga Wonosobo bakal memperingati khaul ke-10 meninggalnya mantan Presiden KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Kegiatan yang digelar bersama berbagai elemen masyarakat tersebut digelar Minggu (29/12) pukul 09.00 di Alun-Alun setempat.

Khaul rencananya akan menghadirkan kiai kondang Gus Muwafik dan pelawak terkenal Kirun. Berbagai elemen yang mendukung kegiatan ini yakni PCNU, Fatayat-Muslimat, Banser, Ansor, IPNU/IPPNU dan jajaran Pemkab Wonosobo hingga tingkat kecamatan.

Ketua Komunitas Gusdurian Wonosobo Haqqi El-Anshari Jumat (27/12) mengatakan ribuan warga dari berbagai lintas agama bakal merayakan dengan khidmat. Dijelaskan sejauh ini persiapan sudah matang dan keseluruhan melibatkan masyarakat.

”Kami patungan dalam mengadakan acara dengan berbagai elemen masyarakat. Lintas agama semua terlibat karena sosok Gus Dur sangat dikagumi semua elemen,” katanya.

Begitu ada rencana mengadakan khaul Gus Dur, imbuhnya, komunitas Tionghoa dan Gus Durian dengan sukarela langsung menghubungi untuk menyumbangkan konsumsi bagi peserta termasuk jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pemerintah kecamatan turut membantu.

Selain pengajian mendatangkan Gus Muwafiq dan Kirun, selama acara juga akan digelar pementasan hiburan rakyat seni tradisional dari berbagai  lintas agama. Dalam acara juga digelar doa bersama untuk almarhum Gus Dur dan pembacaan testimoni ketokohan Gus Dur dari orang-orang terdekat.

Haki menyampaikan bahwa selama acara juga mengundang sejumlah tokoh dari forum pimpinan daerah seperti Bupati Eko Purnomo, Kapolres AKBP Abdul Waras SIK dan Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat.

Muharno Zarka -wahyu