blank
Petugas Damkar mengamankan anak ular kobra yang berhasil dievakuasi dari rumah Toniri, warga Dukuh Bugel, Kelurahan Pasar Batang, Brebes, Kamis (26/12). Foto: Harviyanto

BREBES (SUARABARU.ID) – Dua ekor ular jenis  cobra berhasil diamankan oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Brebes, Kamis (26/12). Dua ular mematikan itu ditangkap di dalam rumah milik Torini, warga RT 04 RW 02 Dukuh Bugel, Kelurahan Pasarbatang, Kabupaten Brebes.

Pemilik rumah mengaku, kalau sebelumnya sempat melihat ular masuk ke bagian dapur rumahnya. “Jujur saya takut dengan keberadaan anak ular cobra yang selalu muncul di dapur rumah. Akhirnya, saya berinisiatif meminta bantuan petugas Damkar,” terang Torini.

Kepala Satpol PP Kabupaten Brebes, Drs Budhi Darmawan MSi melalui Kabid Linmas dan Damkar, Sujadi SE saat dihubungi membenarkan adanya warga Dukuh Bugel yang melaporkan adanya anak ular cobra yang bersembunyi di rumahnya.

blank
Petugas memasukkan ular kobra ke dalam karung. Ular ditangkap di lokasi sempit antara dua rumah. Foto: harviyanto

“Menerima informasi dari warga, Saya menugaskan beberapa anggota Damkar untuk menuju ke lokasi kejadian. Selanjutnya diambil tindakan sesuai dengan prosedur untuk mengevakuasi anak ular cobra yang sudah meresahkan pemilik rumah,” tandas Sujadi.

Sujadi dalam kesempatan itu mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan kepada Satpol PP Kabupaten Brebes atau langsung ke petugas Damkar jika ditemukan adanya ular cobra atau sejenisnya yang bersembunyi atau berkeliaran di perkampungan atau rumah penduduk.

“Secepatnya untuk segera dilaporkan ke tempat kita. Petugas Damkar akan langsung menuju lokasi sumber informasi untuk.mencari dan mengevakuasi ular tersebut. Yang jelas warga tidak perlu panik karena kami siap sewaktu-waktu untuk membantu warga jika ada laporan terkait  keberadaan ular,” pungkas Sujadi.

Harviyanto-trs