blank
Kepala Pabrik PT Tirta Investama Wonosobo Muhammad Sunarno bersama Muspika Kertek ketika melakukan pemotongan pita menandai peresmian bantuan akses air bersih bagi Warga Dusun Pagerotan Desa Pagerejo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Warga Dusun Pagerotan Desa Pagerejo Kecamatan Kertek Wonosobo menerima bantuan akses air bersih dari PT Tirta Invesatama Wonosobo. Bantuan akses air bersih tersebut diberikan agar warga setempat bisa menikmati air bersih dengan lancar.

Pemberian bantuan akses air bersih dilakukan secara simbolis oleh Kepala PT Tirta Investama Muhammad Sunarno kepada Kepala Desa Pagerejo Udi Wahayu disaksikan Camat Kertek M Said, Kapolsek AKP Sigit Prastyanto dan Danramil 06/Kertek Inf Punidi.

Penyerahan bantuan secara simbolis akses air bersih dilakukan di Lapangan Desa Pagerejo juga dihadiri sejumlah 80 warga Dusun Pegerotan yang menerima manfaat bantuan air bersih. Warga setempat mengaku sangat senang menerima bantuan akses air bersih.

Peresmian jaringan air bersih ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan perdana keran air yang berada di sekitar bak atau tandon air. Melalui jaringan tersebut selanjutnya dialirkan kepada warga yang membutuhkan air bersih.

Kepala Pabrik PT Tirta Investama Wonosobo Muhammad Sunarno, Kamis (26/12), mengatakan pemberian bantuan akses air bersih merupakan komitmen perusahaan agar tidak ada masyarakat di Wonosobo yang yang kekurangan atau kesulitan pasokan air bersih.

“Ini sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat karena air merupakan kebutuhan fundamental bagi kehidupan manusia. Warga harus bijak dalam menggunakan air bersih sesuai kebutuhan. Jangan sampai air bersih terbuang sia-sia,” pintanya.

Perlu Perawatan

Jaringan air bersih yang dibangun PT. Tirta Investama Wonosobo, imbuhnya, merupakan pengembangan dari jaringan yang sudah ada. Yakni jaringan yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dengan mengunakan dana aspirasi.

“Karena ada satu blok pemukiman warga di Dusun Pagerotan Desa Pagerejo yang tidak masuk pada jaringan tersebut, maka PT. Tirtta Inevestama Wonosobo membangun jaringan air bersih baru agar blok yang belum ada jaringan bisa dapat teraliri air bersih,” katanya.

Camat Kertek M Said mengatakan pembangunan jaringan air bersih ini sangat membantu masyarakat karena meskipun Wonosobo dikenal sebagai daerah pegunungan dan memiliki banyak mata air, belum semua warga mendapatkan akses air bersih sampai rumah tangga.

blank
Penandatanganan berita acara peresmian bantuan jaringan air bersih di Lapangan Desa Pagerejo Kecamatan Kertek. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

“Setelah mendapatkan bantuan akses air bersih, warga harus selalu melakukan perawatan agar air bersih bisa mengalir lancar sampai ke rumah tangga. Karena meski sudah dibangun tandon air dan pemasangan jaringan kalau tidak dirawat bisa rusak,” tegasnya.

Kepala Desa Pagerejo Udi Wahayu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Tirta Investama Wonosobo yang telah memberikan bantuan jaringan air bersih ke warga Dusun Pagerotan Desa Pagerejo karena warga setempat memang sangat membutuhkan air bersih.

“Pemberian bantuan pembangunan jaringan air bersih ini sangat membantu warga. Ini merupakan kolaborasi yang sangat baik antara warga, Pemerintah Desa Pagerejo, Pemerintah Kecamatan Kertek dan PT Tirta Investama Wonosobo,” tegasnya.

Udi Wahayu menambahkan Desa Pagerejo kasus stunting cukup tinggi. Guna mengentaskan kasus stunting, PT Tirta Investama Wonosobo bersama dengan Lembanga Pengembangan Tehnologi Pedesaan (LPT) juga mengelar Sekolah Lapang Keluarga Sehat (SLKS).

Muharno Zarka-tr