Bagikan
Ilustrasi

BLORA (SUARABARU.ID) – Gempa bumi dengan kekuatan 3,6 SR mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Blora, Rabu (25/12/2019) sekitar pukul 16.11 WIB. Guncangan gempa ini membuat sejumlah warga sempat panik.

Wahono, warga Kecamatan Kota Blora menuturkan, goncangan gempa tersebut sempat dirasakan masyarakat sekitar. Selain merasakan getaran, goncangan juga mengakibatkan benda-benda yang tergantung ikut bergoyang.

“Goncangannya cukup terasa. Kami juga merasakan gelas atau lampu gantung ikut bergoyang akibat goncangan gempa,” kata Wahono.

Kondisi tersebut, kata Wahono sempat membuat sebagian warga panik. Mereka sempat keluar rumah karena khawatir ada getaran susulan akibat gempa tersebut.

Sementara, berdasarkan informasi resmi dari BPBD Kabupaten Blora menyebutkan gempa bumi yang terjadi masuk kategori gempa tektonik.

Tetap Tenang

Dari analisa BMKG diperoleh parameter gempabumi dengan kekuatan M=3.6 SR. Pusat gempa bumi ini, berada di darat pada koordinat 6.87 LS dan 111.30 BT, sekitar 16 km Barat Laut Blora, pada kedalaman 13 kilometer.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Blora II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang berada di gantungan bergoyang-goyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat penyesaran lokal sesar Pati.

Hingga pukul 16:32 WIB, hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatikogi dan Geofisika (BMKG), belum menunjukkan adanya gempa bumi susulan.

BPBD Blora mengimbau, masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu atau berita hikas yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tm-SB/Ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here