blank
STERILISASI: Anggota Polres Blora melakukan sterilisasi pengamanan Gereja Katholik Santo Pius, dengan menggunakan alat metal detektor. Foto: SB/Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)- Kepolisian Resor (Polres) Blora dan jajaran, Selasa (24/12/2019), meningkatkan pengamanan gereja, dengan sterilisasi menggunakan alat metal detektor.

Pengamanan ini dilakukan, sebagai langkah antisipasi kejadian yang tidak diinginkan menjelang perayaan Natal 2019 bagi umat Kristiani.

Bahkan pengamanan dilakukan di semua gereja besar dalam Kota Blora, dan gereja yang ada di semua kecamatan petugas Polsek masing-masing.

”Jajaran kami di 16 Polsek juga aktif mengamankan gereja, dan melakukan patroli keliling,” jelas Kapolres AKBP Antonius Tri Kuswindarto, SIK MH.

BACA JUGA : Tipu Seorang Janda, Pria Ganteng Dicokok Tim Resmob

Patroli di sejumlah gereja dan lingkungan sekitarnya, sudah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu. Namun kini lebih ditingkatkan lagi, menjelang perayaan Natal.

Menurutnya, pengamanan ini juga terkait perayaan Tahun Baru 2020, dilakukan setiap saat, tidak hanya pada siang hari, namun malam dan juga dini hari.

”Langkah-langkah ini, untuk memastikan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 agar berlangsung aman, lancar, dan kondusif,” kata Kapolres.

blank
SEKITAR GEREJA: Tidak hanya di dalam gereja, anggota Polres Blora juga melakukan pantauan dan pengamanan sekitar gereja. Foto: SB-Hms-Resbla

Aset Negara

Ditambahkan, selain penjagaan di luar gereja, beberapa saat sebelum kegiatan ibadah dimulai, anggota melaksanakan sterilisasi menggunakan alat metal detektor, baik dalam gereja, halaman dan lingkungan sekitarnya.

Pengamanan tidak hanya fokus di tempat ibadah saja, namun juga di pusat-pusat keramaian, perbankan, dan aset milik negara.

Juga tidak luput dari pengamanan bersama TNI Kodim, Satpol PP, Institusi terkiat adalah, fasilitas publik, mall, pusat perbelanjaan dan pemukiman warga, juga dalam pantauan jajarannya.

”Kami ingin Blora tetap aman, tertib, dan kondusif, masyarakat nyaman dalam beribadah maupun saat merayakan tahun baru,” pungkasnya.

Wahono/Riyan