blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Cristian Tobing (kanan) dan Bupati Joko Sutopo (kiri), memberikan amanat dalam apel sinergitas tiga pilar pengamanan Nataru.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tiga pilar yang terdiri atas institusi Polres, Kodim dan Pemkab Wonogiri, menjalin sinergitas untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). ”Kami Pemerintah Kabupaten Wonogiri, bersama Kodim 0728 dan Polres Wonogiri, siap mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Yes.”

Demikian diserukan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyahadi dan Kapolres AKBP Cristian Tobing, Senin (23/12), dalam apel sinergitas tiga pilar di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Tiga instutusi tersebut akan hadir atas nama pemerintah, dan bersama-sama dengan komponen masyarakat, untuk memberikan jaminan keamanan pada perayaan Nataru.

Ketiga pilar ini, secara all out akan tampil memprakarsai pengamanan Nataru, dalam upaya mewujudkan kondusivitas Wonogiri, sebagai bagian dari kiat mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tampil menjadi pemimpin apel sinergitas tiga pilar tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Para peserta apel, sebelumnya melakukan arak-arakan pawai show of force mengelilingi Kota Wonogiri dengan mengendarai ratusan sepeda motor dan puluhan mobil dinas tentara maupun kendaraan bermotor inventaris kepolisian.

blank
Jajaran Polres bersama prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, melakukan arak-arakan kendaraan bermotor. Ini dilakukan dalam acara show of force menjelang apel sinergitas tiga pilar pengamanan Nataru.


Jaminan Keamanan:
Dalam show of force tersebut, Dandim dan Kapolres beserta sejumlah perwira, ikut membonceng sepeda motor yang dikendarai oleh anak buhanya. Kegiatan ini, sekaligus dimaksudkan untuk melakukan patroli keamanan di wilayah Kota Wonogiri, dalam upaya memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) pra-Nataru.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, menyerukan tentang pentingnya sinergitas dan soliditas kebersamaan TNI-Polri bersama Pemkab Wonogiri, dalam upaya mengamankan semua kegiatan perayaan Natal 2019 dan penyambutan Tahun Baru 2020 di Kabupaten Wonogiri. Ini semua dilakukan, demi mewujudkan kondusivitas daerah, khususnya memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru. ”Terima kasih kepada Dandim 0728 Wonogiri dan Kapolres Wonogiri, yang telah mendukung Pemda untuk Sesarengan Mbangun Wonogiri”, tandas Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, Bupati Joko Sutopo dan Kapolres AKBP Cristian Tobing (urut dari kiri ke kanan), memimpin yel-yel sinergitas tiga pilar pengamanan Nataru.

Di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, jajaran Polsek dan Koramil, aktif melakukan patroli keamanan termasuk menyambangi gereja-gereja. Bahkan jajaran Polsek menjalin kerjasama di lima distrik, untuk menggelar operasi multi sasaran, yang dilaksanakan menjelang tengah malam.

Bersamaan itu, Kapolres menyampaikan delapan imbauan kepada masyarakat, untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas. Jika meninggalkan rumah, pastikan dalam keadaan aman dari ancaman kebakaran dan pencurian. Masyarakat diimbau untuk tidak menjualbelikan serta mengonsumsi minuman keras (miras).

Dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, masyarakat dilarang mengadakan konvoi kendaraan bermotor, membawa senjata dalam bentuk apa pun, menyalakan petasan, dan jangan melakukan pelanggaran. Juga diserukan untuk menjaga solidaritas dan toleransi antarumat beragama.

Bambang Pur