blank
Para anggota Linmas di Kecamatan Puhpelem, kabupaten Wonogiri, diberikan bekal pelatihan oleh Koramil dan Polsek. Mereka ikut dilibatkan dalam pengamanan Nataru.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel Perlindungan Mayarakat (Linmas) di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, ikut dilibatkan mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing, turun langsung melakukan patroli ke sejumlah gereja. Bersamaan itu, jajaran Polsek dan Koramil, melakukan patroli bersama untuk menyambangi gereja.

Sebelum melakukan tugas bersama aparat keamanan, para anggota Linmas di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, diberikan bekal pelatihan oleh Koramil-24 Kodim 0728 Wonogiri bersama Polsek Puhpelem. Turut hadir dalam kegiatan yang diikuti oleh 31 personel Linmas ini, Kepala Desa Puhpelem Sarmun, Koramil 24/Puhpelem Pelda Bambang.S, Serda Parjito, Polsek Puhpelem Aipda Yudho.

Adapun pelatihan yang diberikan kepada personel Linmas, meliputi materi Kewaspadaan Bangsa (Wasbang), tatacara apel, Peraturan Baris Berbaris (PBB), tatacara pemeriksaan perorangan dan teknik melumpuhkan pengganggu keamanan secara perorangan. Untuk materi Wasbang disampaikan oleh Pelda Bambang selaku Batuud Koramil-24 Puhpelem.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing (kiri) didampingi Iptu Sugihantoro (kanan) melakukan percakapan dengan Romo di Gereja Katolik Santo Yohanes Paulus Wonogiri. Ini dalam rangka menciptakan keamanan gereja yang merayakan Nataru.

Menjaga Lingkungan:
Linmas, tandas Pelda Bambang, merupakan unsur pertahanan sipil yang eksis di pedesaan, dan memiliki fungsi membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekitarnya. Seperti membantu mengatasi bencana alam, menjaga lingkungan dari ancaman tindak kriminalitas dan gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Termasuk di dalamnya kasus pencurian, perkelahian, konflik massa, pertikaian antaretnik dan sebagainya.

Kepada peserta pelatihan, diberikan pemahaman tentang segi pertahanan dan keamanan negaradi Tanah Air. Ada tiga komponen dalam sistem pertahanan dan keamanan negara. Pertama, komponen utama oleh institusi TNI dan jajaran Polri, yang dilengkapi fasilitas persenjataan dan Alutsista (Alat Utama Sistim Senjata) yang memadai, untuk melumpuhkan dan menghancurkan musuh negara yang merongrong kedaulatan serta ingin menguasai Tanah Air.

Kedua, komponen cadangan yang siap digerakan bilamana pasukan garda yang ada di depan, membutuhkan bantuan dalam segi logistik, evakuasi dan bantuan transportasi untuk sarana perjalanan. Ketiga, komponen pendukung di garis belakang, untuk memberikan dukungan setiap kebutuhan yang diperlukan, baik oleh komponen cadangan maupun oleh komponen utama.

 

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing (kanan), menyalami para pemuda Katolik, yang bertugas ikut terlibat dalam pengamanan gereja menyambut Nataru.
Polsek dan Koramil:
Sementara itu, Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing, melakukan pengecekan pengamanan langsung ke sejumlah gereja di Kabupaten Wonogiri. Saat mendatangi Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul, Kapolres melakukan perbincangan secara langsung dengan Romo sebagai gembala umat dan pengurus geraja. Ini dilakukan, untuk mengkoordinasikan pola pengamanan gereja yang akan melaksanakan perayaan Natal 2019 dan penyambutan Tahun Baru 2020.

Bersamaan itu, jajaran Polsek se Wonogiri telah menjalin sinergitas dengan seluruh Koramil, untuk melaksanakan pengamanan semua gereja dan obyek vital lainnya yang ada di Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan, sebagai upaya mewujudkan situasi keamanan yang kondusif, utamanya dalam menyambut Nataru.Di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, dilakukan pratroli malam oleh petugas Polsek Aipda Estiawan dan Briptu Aan Nurhidayat, beserta anggota Koramil Jatiroto Serma Sunarto. Mereka melakukan patroli untuk mengecek keamanan di Gereja Kresten Jawa (GKJ) Pepathan Kopen, Kelurahan Jatiroto, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Patroli yang dilakukan oleh personel Polsek beserta anggota Koramil ini, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani yang akan melakukan kebaktian perayaan Natal di gereja.

Bambang Pur