blank
PESTA JUARA: Para pemain Liverpool berpesta juara di Doha, Qatar. (dok)

DOHA (SUARABARU.ID) – Liverpool mulai kecanduan juara. The Reds sukses mengumpulkan tiga titel internasional selama 2019. Selepas memenangi Liga Champions, Si Merah berhasil meraih Piala Super Eropa dan terakhir Piala Dunia Klub.

Piala Dunia Klub yang diorganisasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dibawa ke Anfield setelah menundukkan Flamengo 1-0 dalam final di Stadion Khalifa International Doha, Qatar, Minggu (22/12) dini hari WIB. Lewat perpanjangan waktu, gol tunggal Liverpool dilesakkan Roberto Firmino pada menit ke-99.

Titel Piala Dunia Klub merupakan yang pertama buat Si Merah. Kini, The Anfield Gank menyamai pencapaian Manchester United. Bagi sang manajer, Juergen Klopp, sukses ini menjadikan dirinya masuk sebagai legenda. Tangan dinginnya bahkan lebih moncer dibandingkan Bob Paisley dan Rafael Benitez. Paisley dan Benitez berhasil meraih trofi Liga Champions, tapi gagal pada perebutan Piala Dunia Klub.

“Anak-anak terus diuji secara konstan, perjalanan kami memang seperti ini,” ungkap Klopp. “Saat ini kami melewati ujian demi ujian dengan baik. Kami harus memastikan bisa melalui ujian yang akan datang juga,” tandasnya.

Klopp mengaku kesulitan menemukan kata-kata untuk mengekspresikan respeknya ke Jordan Henderson dan kolega. Dia melihat banyak sekali performa sensasional yang ditunjukkan skuadnya.

Flamengo memang memberikan perlawanan sengit. Klub asal Brasil itu punya total 15 tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Liverpool melepaskan 18 percobaan dengan enam tepat target dan satu membentur tiang. Dengan kemenangan di Doha, klub Merseyside menggantikan Real Madrid selaku juara dunia. The Reds kini berhak mengenakan badge emas tanda juara dunia di jersey mereka selama setahun ke depan. (rr)