blank
Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri mengimbau para penumpang agar berhati-hati saat membawa barang bawaan saat berpergian dengan menggunakan bus. Foto : Hana Eswe,

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Para personel gabungan dari TNI dan Polri siap melakukan pengamanan dalam rangka Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Termasuk di wilayah Kabupaten Grobogan.

Sebagai langkah awal pascaapel Gelar Pasukan yang dilaksanakan Kamis (19/12) lalu, personel TNI dari Kodim 0717/Purwodadi dan Polres Grobogan mengadakan patroli di sejumlah wilayah di Kota Purwodadi.

Patroli ini dipimpin langsung Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta. Keduanya bersama pasukannya masing-masing melakukan patroli ke berbagai wilayah yang terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Tak hanya keduanya, sejumlah instansi terkait juga ikut dalam patroli tersebut.

Tempat pertama dalam pelaksanaan patroli ini yaitu Terminal Induk Purwodadi. Patroli ini ditujukan untuk mengetahui secara langsung situasi dan kondisi arus lalu lintas kendaraan dan angkutan jalan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Di terminal tersebut, Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri menemui para sopir bus dan memberikan imbauan terkait sopan santun saat mengendarai kendaraannya. “Saya harap seluruh sopir bus ini dapat menghormati sesama pengguna jalan. Tidak ugal-ugalan saat mengemudikan kendaraannya di jalan raya. Kami juga imbau para sopir untuk tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang serta minum-minuman keras sebagai dopping supaya terlihat segar saat mengemudi. Perhatikan faktor keselamatan bersama agar tercipta keselamatan saat mengendarai kendaraan di jalan.”

“Kepada penumpang, agar berdoa sebelum berangkat ke tempat tujuan untuk keselamatan diri masing-masing. Jangan gunakan perhiasan yang mencolok atau berlebihan yang dapat menimbulkan niat pelaku kejahatan untuk melakukan tindak kriminal,” pesan Kapolres.

Cek Tempat Ibadah

Dilanjutkan ke tempat ibadah umat Nasrani. Salah satunya di Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus di Jalan Jenderal Sudirman, Purwodadi. Di gereja tersebut, Kapolres dan Dandim bertemu langsung dengan Romo Nano. Keduanya saling berbincang terkait dengan kesiapan Misa Natal yang akan dimulai tiga hari mendatang.

blank
Kapolres bersama Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta saat berdialog bersama Romo Nano di Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus Purwodadi. Foto: Hana Eswe.

Dikatakan Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta, sebanyak 503 personel TNI Kodim 0717/Purwodadi disiagakan untuk mengamankan natal dan tahun baru ini. Sementara, personel yang terlimbat langsung bersama Polres Grobogan sekitar 100 personel.

“Harapannya, saudara-saudara kita yang beragama Nasrani dapat melaksanakan ibadah dan perayaan Nayal dengan aman dan nyaman,” ujar Letkol Inf Asman Mokoginta.

Hana Eswe-trs