blank
DILANTIK - Sejumlah anggota Saka Bhayangkara Polsek Tonjong saat mengikuti prosesi pelantikan, Sabtu (21/12).

BREBES (SUARABARU.ID) – Sejumlah anggota Saka Bhayangkara Kecamatan Tonjong akan turut terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun baru, pekan depan. Pernyataan tersebut disampaikan Kanit Bimas Polsek Tonjong Joko Sulistiono mewakili Kapolsek saat memimpin jalannya pelantikan anggota Saka Bhayangkara yang dilangsungkan di halaman SDN 1 Guci, Kabupaten Tegal.

Menurut Joko, untuk tahun ini ada 10 anggota Saka Bhayangkara. Setelah mereka dilantik, nantinya mereka akan dilibatkan dalam pengamanan natal dan tahun baru. “Nanti ada 20 anggota Saka Bhayangkara yang diterjunkan untuk pengamanan Operasi Lilin Candi,”terang Joko. Pihaknya juga meminta ke anggota Saka Bhayangkara untuk bisa melatih diri dalam persiapan tugas lapangan.

Joko menjelaskan, khusus untuk wilayah Tonjong pengamanan Natal akan dilakukan di Gereja. Apalagi, lokasi gereja ada di medan yang cukup terjal dan harus melintasi sungai. Selain itu, tambah dia lagi, Saka Bhayangkara juga akan ditempatkan di pospam Linggapura untuk turut mengamankan arus lalu lintas selama berlangsungnya libur natal dan tahun baru.

Sesuai dengan intruksi pak Kapolres, tambah dia, perayaan tahun baru diminta untuk tidak berlebihan. Yakni tidak dengan menyalakan kembang api atau jenis petasan lainnya. Pihaknyapun berharap kepada anggota Saka Bhayangkara untuk bisa menjalankan tugas di lapangan.

Kedepan, anggota Saka Bhayangkara juga diminta untuk mengikuti pelatihan setiap dua minggu sekali. Serta belajar naik turun tebing. Nantinya, Saka Bhayangkara juga akan diajak ke Kluwut untuk mengikuti SAR laut. Kegiatan ini untuk menambah kemampuan anggota dibidang kelautan.

harviyanto-wahyu