blank

RIAU(SUARABARU.ID)– Titis Ratih Pratiwi, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara 1 ajang National Essay Competition 2019 di Universitas Riau baru-baru ini.

Titis berhasil menyabet juara usai mempresentasikan esai tentang beras analog yang berbahan dasar dari sukun dan kacang merah. Mahasiswi semester 7 ini berhasil merebut juara 1 sedangkan juara 2 diraih oleh mahassiwa UGM dan juara 3 dari Unri .

Selain Titis, USM juga mengirim Farintya Dimas Ayu Tritama  bersama Aurelia Ady Wibowo yang etapi belum berkesempatan mendapatkan juara, Farin mengangkat tentang penggunaan serbuk rambut jagung yang di aplikasikan pada produk bakso.

Mereka smeua berasal dari FTP USM yang mengangkat esai yang bertema tentang diversifikasi pangan dengan potensi pangan lokal untuk mencapai ketahanan pangan.

Titis merasa sangat senang karena berhasil merebut juara 1 berkat bimbingan Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP. Titis mengatakan bahwa beras analog yang dibuat dalam ajang lomba merupakan modifikasi dari disertasi Prof Budi.

Titis juga mengaku bahwa cara yang digunakan adalah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), dan itu juga yang selalu diungkapkan oleh Prof Budi.

USM-wahyu