blank
TES SOCRATIVE: Peserta rekruitmen Panwas Kecamatan Pilkada Surakarta tahun 2020 tengah mengikuti tes Socrative Bawaslu RI yang berlangsung di Solo, Jumat (13/12). (suarabaru.id/Bagus Adji)

SOLO (SUARABARU.ID) – Sebanyak 62 peserta dari Surakarta, mengikuti test Socrative Bawaslu RI. Kegiatan dalam rangka rekruitmen Panwas Kecamatan Pilkada Surakarta tahun 2020 berlangsung di Solo, baru-baru ini.

Menurut Ketua Bawaslu Surakarta,  Budi Wahyono, sebanyak 62 peserta yang mengikuti test tertulis merupakan bagian dari 70 orang pendaftar pada proses rekruitmen poengisian Panwascam Pilkada Surakarta tahun 2020.

Dari mereka yang mendaftarkan diri, tercatat hanya 65 orang di antaranya memenuhi persyaratan administrasi. Namun demikian tercatat tiga orang tidak hadir. Bagi mereka yang telah mengikuti tes tertulis, selanjutnya akan menempuh wawancara yang diselanggarakan selama dua hari mulai 14-15 Desember 2019.

“Hasil seleksi akan diumumkan pada 18 Desember 2019.  Bagi mereka yang lulus seleksi akan dilantik pada 23 Desember 2019. Jumlah Panwas yang dibutuhkan untuk lima kecamatan di Kota Surakarta sebanyak 15 orang. Masing-masing kecamtan membutuhkan tiga personel panwas,“ terang Budi Wahyono.

Budi Wahyono yang didampingi Komisioner Bawaslu Surakarta Agus Sulistyo menambahkan,  dalam menjalankan tugasnya panwas kecamatan akan dibantu seorang petugas panwas kelurahan.

Untuk perekrutan panwas kelurahan dilakukan oleh Panwascam. Secara keseluruhan akan ada 54 petugas panwas kelurahan di Surakarta. Dalam menjalankan tugas, panwas kelurahan akan dibantu pengawas TPS. Untuk Kota Surakarta dibutuhkan 1.020 pengawas TPS.

”Pengawas TPS akan dilantik sebelum H-23 pelaksanaan Pilkada Surakarta tahun 2020,“ pungkas Budi.

Bagus Adji