blank
Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Suparno memberi sosialisasi kepada pelaku UMKM,, (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang mengadakan sosialisasi mengenai kesiapan dan peran aktif UMKM Kota Magelang menghadapi program ‘Magelang Moncer Serius (MMS) 2020’ di Aula Pangripta, Kantor Bappeda, beberapa hari lalu.

Kegiatan ini sebagai bagian dari kesiapan  pelaku UMKM menyambut program tersebut. Kegiatan MMS menggelar sedikitnya 40 even sepanjang tahun 2020.

‘’Pelaku UMKM merupakan komponen yang terlibat untuk keberhasilan MMS tersebut. Produk-produk unggulan akan dipromosikan,’’ kata Kepala Bappeda Kota Magelang, Joko Soeparno.

Dia menjelaskan, Kota Magelang memiliki banyak produk UMKM, mulai dari kuliner, kerajinan hingga jasa. Kesiapan yang perlu diperhatikan antara lain dari segi kualitas dan kuantitas produk yang nanti akan dijual atau dipromosikan.

‘’Misalnya produk kuliner, maka harus diperhatikan betul kebersihannya, higienitasnya, rasanya sampai kemasannya. Termasuk kerajinan juga harus benar-benar berkualitas,’’ ungkap Joko.

Hal itu penting karena diprediksi akan banyak wisatawan dari luar daerah yang datang ke Kota Magelang. Puluhan kegiatan yang diselenggarakan meliputi seni, budaya, pariwisata, olahraga dan sebagainya.

Kegiatan sosialisasi diikuti 200 pelaku UMKM di Kota Magelang. Selain dari Kepala Bappeda, peserta menerima materi dari Kabid Ekonomi dan Prasarana Wilayah Setda Kota Magelang, Iwan Triteny Setyadi.

HMS- Doddy Ardjono