blank
Wali Kota Sigit Widyonindito memberi sambutan pada kegiatan Dialog Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang dengan tokoh-tokoh masyarakat di Pendapa eks Bakorwil II Kedu Surakarta, (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)– Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang (Pilwakot) akan digelar September 2020.  Masyarakat diminta ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi tingkat daerah itu.

Terkait itu, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Magelang mengadakan kegiatan Dialog Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang dengan tokoh-tokoh masyarakat di Pendapa eks Bakorwil II Kedu Surakarta, kemarin (11/12).

‘’Kegiatan ini untuk mengupayakan agar masyarakat menggunakan hak politiknya dengan baik. Harapannya tingkat partisipasi politik tinggi, sehingga meningkatkan derajat indeks demokrasi di Indonesia dan Kota Magelang pada khususnya,’’ kata Kepala Badan Kesbangpolinmas, Hamzah Kholifi.

Kegiatan itu diikuti berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakt, organisasi perempuan, perwakilan RT, karang taruna, tokoh agama, Babinkamtibmas hingga organisasi masyarakat lainnya.

Acara juga dihadiri seluruh unsur Forpimda dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Magelang beserta jajarannya.

Selain berdialog, peserta mendapatkan materi tentang tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang Basmar Perianto Amron.

Berikutnya, tentang kewaspadaan dini terhadap radikalisme menjelang Pilwakot  Magelang 2020 dari Kasi Pang Ops Rindam IV/Diponegoro Mayor Infanteri Karjin.

‘’Kita harapkan para tokoh-tokoh yang kita hadirkan ini bisa menyampaikan di lingkungan sekitarnya, mengajak untuk tetap menjaga kondusifitas menjelang Pilkada serentak,’’ pinta Hamzah.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, tokoh masyarakat memiliki peran penting mengajak masyarakat untuk  melaksanakan demokrasi yang baik.

Dia juga berpesan kepada masyarakat yang telah memiliki hak supaya memilih calon pemimpin secara cerdas agar tidak merugikan. ‘’Pesan saya satu, pilih secara cerdas, jangan sampai salah pilih, nanti yang rugi rakyat,’’ ungkapnya

Sigit juga mengimbau masyarakat untuk tetap bersatu menjaga toleransi, menghormati satu sama lain meski berbeda pilihan. Ini tidak lain agar Kota Sejuta Bunga ini tetap aman dan nyaman.

Hms- Doddy Ardjono