blank
Kapolsek Purwantoro Polres Wonogiri Iptu Aris Joko Narimo (kiri) memimpin penanganan ke rumah korban, terkait dengan kasus ibu-anak tewas diduga minum racun serangga.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ibu dan anak bungsunya, Kamis (12/12), ditemukan tewas secara mengenaskan. Pemicu kematiannya, diduga karena bunuh diri dengan cara minum racun serangga. Kedua korban, terdiri atas Ny Winarsih (38) dan Kirana Tosada (7).

Sementara itu, anak sulungnya, Zaky Iza Majida (10), ditemukan dalam kondisi kritis. Saat ini Zaky dalam perawatan intensif di ruang IGD Rumah Sakit (RS) Muhamadiyah di Kabupaten Ponorogo, Jatim. Semua korban, merupakan warga Dusun Bendo RT 3/RW 6, Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro (50 Kilometer arah timur Kota Wonogiri).

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Purwantoro Iptu Aris Joko Narimo, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, pemicu bunuh diri masih dalam penyelidikan petugas. Ada dugaan, korban mengalami depresi karena permasalahan keluarga.

blank
Bersama petugas medis Rumah Sakit (RS) Muhamadiyah Kabupaten Ponorogo, Jatim, Kapolsek Purwantoro Polres Wonogiri Iptu Aris Joko Narimo (kiri) memeriksa kondisi mayat korban yang diduga minum racun.


Surat Wasiat:
Saat melakukan penanganan di lokasi, tim Polsek Purwantoro yang dipimpin Kapolsek Iptu Aris Joko Narimo, menemukan surat wasiat bertuliskan: ”Nek aku mati aku pengen dikubur karo keluargaku ditumpuk, nak ora tak dendeni (Kalau saya meninggal, saya mau dikubur sama keluarga saya ditumpuk/dijadikan satu liang lahat, bila tidak akan saya hantui). Surat wasiat ini diduga ditulis oleh Ny Winarsih.

Kronologi terungkapnya tragedi bunuh diri ibu-anak ini, ketika si Sulung Zaky Iza Majida, Kamis pagi (12/12) pukul 06.30, merangkak ke rumah neneknya sambil menahan sakit. Hal ini terjadi, karena Zaky diduga juga ikut menegak racun serangga bersama adik dan ibunya. Kepada neneknya, Zaky, minta agar ibu dan adiknya yang berada di dalam rumah, segera diberikan pertolongan.

Bersama tetangga, segera diberikan pertolongan. Kepada tiga korban yang terdiri atas seorang ibu dan dua anaknya tersebut, dalam kondisi kritis, ketiga korban segera dilarikan ke RS Muhamadiyah Kabupaten Ponorogo, Jatim. Tapi, Ny Winarsih dan Kirana Tosada keburu tidak tertolong jiwanya. Sedangkan Zaky, yang dalam keadaan kritis, diberikan pertolongan medis secara intensif.blank

Para tetangga dan sanak keluarga, datang melayat ke rumah duka korban tewas diduga menegak racun serangga. Ikut hadir pula anggota Babinsa dari Koramil Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri.

Menurut petugas, pemicu kematian ibu-anak ini, diduga karena minum racun serangga jenis jenis insektisida Furadan. Berkaitan ini, polisi meminta keterangan para saksi, yakni Aprilianto (27), Saeran (55) dan Maridi (62), ketiganya merupakan penduduk Dusun Bendo dan Dusun Belikjaten, Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Bersama itu, petugas Polsek Purwantoro telah mengkoordinasikannya dengan Polres Wonogiri. Juga dilakukan langkah koordinasi dengan RS Muhamadiyah Kabupaten Wonogiri, dalam pembuatan visum et repertum.

Bambang Pur