blank
Perwakilan Negara Ceko bersama jajaran Pemkab Jepara, di Pendopo Kartini.

JEPARA (SUARABARU.ID) Guna menjalin kerja sama perdagangan dengan Jepara, Kedubes Republik Ceko di Indonesia mengutus delegasi untuk melihat perkembangan seni ukir dan mebel Jepara, Selasa ( 10/12). Rombongan dipimpin Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko, Miloslav Stasek.

Para wakil Negara Ceko ini diterima para pemangku kepentingan di jajaran Pemkab Jepara, di Pendopo Kartini.

Selain bertujuan untuk membuka peluang kerja sama dan mempererat hubungan bilateral, pertemuan itu juga membahas pengembangan industri furnitur yang ada di Kabupaten Jepara.

blank
Meninjau sebuah industri mebel yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan.

Mengawali kunjungannya, mereka meninjau sebuah industri mebel yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan. Satu per satu proses pengerjaan, mulai dari proses awal hingga sentuhan akhir turut mereka saksikan. Mereka menyatakan kagum atas karya pengrajin Jepara.

Miloslav Stasek mengapresiasi kualitas hasil kerajinan furnitur dari Jepara. Ia berharap antara Kabupaten Jepara dan Republik Ceko dapat terjalin sebuah kerja sama, utamanya di bidang mebel kayu. Lebih lanjut, tak menutup kemungkinan juga dalam sektor-sektor lain dari Kabupaten Jepara. “Setelah ini kami tunggu di Jakarta, untuk pembicaraan lebih lanjut terkait yang akan ditawarkan ke kami,” kata dia.

Didampingi Dubes Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, Direktur Kantor Sekretaris Negara Republik Ceko Arnost Kares, dan Wakil Menteri Keuangan Republik Ceko Karel Tyll, Miloslav Stasek melanjutkan kunjungannya di Sentra Industri Patung, Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara.

Gayung bersambut. Kepala Disperindag Kabupaten Jepara Ratib Zaini pun menyanggupi. Namun langkah dan materi yang akan dibawa terlebih dahulu pihaknya komunikasikan dengan pimpinan. Sehingga manfaat setelah terjalinnya kerja sama dapat dirasakan masyarakat di Kabupaten Jepara.

Hadi Priyanto-trs