blank
Mohamed Salah/dok

SALZBURG (SUARABARU.ID) – Pada akhirnya kualitas Liverpool yang membedakan. Itulah fakta kemenangan The Reds 2-0 atas Salzburg pada laga keenam Liga Champions Grup E di Red Bull Arena, Rabu (11/12) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 membuat Si Merah menembus babak 16 besar. Dua gol dilesakkan Naby Keita dan Mohamed Salah.

Konsistensi Si Merah di Liga Primer Inggris mampu dilanjutkan di Champions League. Bek tengah Liverpool Virgil van Dijk menyatakan kemenangan ini menunjukkan kualitas skuad Merseyside sebagai juara Eropa. Dia mengakui kesulitan pada awal babak pertama, karena semangat Salzburg untuk mencetak sejarah lolos ke fase gugur untuk kali pertama.

“Kami memiliki kualitas yang sangat memadai. Salzburg memang berani menekan dan punya hasrat besar, tapi kami mampu mengelola dan menangani itu,” ungkap Van Dijk. Pemain terbaik nomor dua dunia itu tampil terampil di lini belakang. Dia berhasil mengendalikan dua striker lawan, Erling Haaland dan Hwang Hee-Chan.

Manajer The Reds Juergen Klopp menilai Jordan Henderson dan kolega tetap memikat, kendati beberapa kali menyia-nyiakan kesempatan. Menurut dia, seharusnya timnya bisa menghasilkan enam hingga tujuh gol. Klopp secara sportif memuji performa Die Mozartstaedter.

Pada menit-menit awal anak-anak asuhan Jesse Marsch mampu merepotkan kiper Alisson Becker. Namun, memasuki paruh kedua, The Anfield Gank menunjukkan kelasnya sebagai skuad top. “Salzburg berusaha keras, tapi kami mampu meladeni, dan akhirnya berhasil,” tegas Klopp.

Dia juga menyanjung gol Salah. Mantan pemain Chelsea ini sebelumnya membuang sejumlah peluang. ”Itu luar biasa. Gol yang amat sulit sekaligus penyelesaian yang sensasional,” ujar eks pelatih Borussia Dortmund ini. Pada partai ini Liverpool melepaskan 22 percobaan dengan tujuh tepat target. Sementara Salzburg memiliki sembilan tembakan, enam di antaranya on goal. (rr)