blank
Wakil Wali Kota Windarti Agustina melepas kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Ibu, (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Ribuan warga  mengikuti jalan sehat  di kawasan Gelora Sanden (Sport Center Sanden), kemarin (8/12). Kegiatan yang diprakarsai Tim Penggerak PKK Kota Magelang digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-91 tingkat Kota Magelang tahun 2019.

Para peserta sebagian besar kaum ibu dan keluarganya, anggota organisasi perempuan maupun masyarakat umum di Kota dan Kabupaten Magelang.

Jalan sehat ini dilepas Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, didampingi Sekretaris Daerah Joko Budiyono dan Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetty Biakti Sigit Widyonindito. Mereka turut dalam rombongan jalan sehat, dengan rute yang dilalui sepanjang sekitar 1,5 km.

Ketua Panitia Jalan Sehat, Yulis mengatakan, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh PKK se-Provinsi Jawa Tengah berdasarkan perintah ketua umum. Tujuannya selain memperingati Hari Ibu juga mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berjalan kaki.

‘’Tidak hanya jalan sehat, kita juga lengkapi dengan senam bersama. Senam kita bagi dua jenis, yakni osteoporosis dan aerobik. Setelah senam langsung kita bagikan puluhan hadiah doorprize dan hiburan musik,’’ ujarnya.

 

blank
Jalan sehat diikuti ribuan peserta, khususnya kaum wanita, (Humas Pemkot Magelang)

 

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menerangkan,  tema Hari Ibu tahun ini ‘Perempuan Bergaya Indonesia Maju’, yang maknanya kaum hawa memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa.

Perempuan tidak hanya berkutat pada rumah tangga saja, tapi lebih dari itu bisa berkontribusi besar pada kemajuan negara.

‘’Kita harus maksimalkan peran ibu. Selama ini sudah bagus, tinggal menguatkan saja di semua lini,’’ pintanya.

Dia menegaskan, posisi perempuan di Kota Magelang sudah mendapat tempat yang baik. Gender gate di Pemkot Magelang sudah tidak terlalu timpang, karena ada beberapa kepala dinas yang dipegang kaum ibu, termasuk yang duduk sebagai wakil rakyat.

Windarti menambahkan, pemberdayaan perempuan di kota ini juga sudah bagus. Baik di sektor  ekonomi maupun lainnya, perempuan sudah mendapat perhatian dan pemberdayaan yang baik.

‘’Dengan pemberdayaan ini, kami harap potensi yang ada dalam diri tiap wanita dapat terus ditingkatkan,’’ ungkapnya. (hms).

Editor : Doddy Ardjono